Kompas TV internasional kompas dunia

Drone Ukraina Hantam Kapal Tanker Rusia Disebut Jadi Upaya Kiev Unjuk Gigi Kemampuan Angkatan Laut

Kompas.tv - 5 Agustus 2023, 20:34 WIB
drone-ukraina-hantam-kapal-tanker-rusia-disebut-jadi-upaya-kiev-unjuk-gigi-kemampuan-angkatan-laut
Gambar yang berasal dari tangkapan video ini memperlihatkan sebuah kapal drone tengah mendekati sebuah kapal tanker Rusia di Laut Hitam. Pada Jumat (4/8/2023) malam, sebuah kapal tanker Rusia dilaporkan dihantam drone Ukraina. (Sumber: AP Photo )
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV – Drone Ukraina menghantam sebuah kapal tanker Rusia di Laut Hitam dekat Krimea pada Jumat (4/8/2023) malam. 

Serangan itu merupakan serangan laut kedua dalam satu hari yang melibatkan drone, setelah sebelumnya Ukraina menyerang sebuah pelabuhan utama Rusia. 

Serangan itu disebut-sebut merupakan upaya Ukraina memperlihatkan peningkatan kemampuan angkatan lautnya, seiring Laut Hitam yang menjadi medan perang yang kian penting dalam perang antara kedua negara.

“Kapal tanker Sig mengalami kerusakan berupa sebuah lubang di kamar mesin dekat dengan garis air di sisi kanan, kemungkinan akibat serangan drone,” kata Badan Federal Rusia untuk Transportasi Kelautan dan Sungai via Telegram, seperti dilansir Associated Press, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga: Lagi, Drone Ukraina Berhasil Tembus Moskow, Kremlin Salahkan NATO

Pernyataan itu juga menyebut, tak ada korban jiwa di antara seluruh 11 kru kapal tanker itu, kendati sejumlah kru disebut mengalami luka terkena pecahan kaca.

Seorang petugas Dinas Keamanan Ukraina mengonfirmasi pada The Associated Press bahwa pihaknya berada di balik serangan kapal tanker yang mengangkut bahan bakar untuk militer Rusia. Drone atau pesawat nirawak laut yang berisi 450 kilogram bahan peledak TNT telah digunakan dalam serangan itu. 

Tanpa menyebut bahwa Ukraina bertanggung jawab atas serangan drone itu, pemimpin Dinas Keamanan Ukraina Vasyl Malyuk menyebut bahwa operasi semacam itu sepenuhnya legal lantaran dilakukan di kawasan perairan Ukraina. 

“Setiap ledakan adalah langkah yang sangat logis dan efektif sehubungan dengan musuh,” ujarnya.

Baca Juga: Drone Ukraina Hantam Gudang Amunisi di Krimea, Jurnalis Rusia Tewas



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x