Kompas TV internasional kompas dunia

ISIS Bangkit di Afrika, Ambil Kesempatan di Konflik Mali, Perluas Wilayah hingga 2 Kali Lipat

Kompas.tv - 26 Agustus 2023, 15:52 WIB
isis-bangkit-di-afrika-ambil-kesempatan-di-konflik-mali-perluas-wilayah-hingga-2-kali-lipat
Sebuah papan tanda jalan bertuliskan selamat datang di Negara Islam di Gao, utara Mali. Foto diambil pada 30 Januari 2013. Kelompok ISIS dilaporkan telah memperluas wilayahnya di Mali hingga hampir dua kali lipat dalam kurun kurang dari setahun terakhir. Hal tersebut termuat dalam laporan panel pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dirilis belakangan ini. (Sumber: Jerome Delay/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

NEW YORK, KOMPAS.TV - Kelompok ISIS dilaporkan telah memperluas wilayahnya di Mali hingga hampir dua kali lipat dalam kurun kurang dari setahun terakhir. Hal tersebut termuat dalam laporan panel pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dirilis belakangan ini.

Selain ISIS, kelompok-kelompok ekstremis yang terkait Al-Qaeda juga dilaporkan memanfaatkan situasi macetnya konflik Mali untuk menguatkan diri.

Pakar PBB memperingatkan bahwa ISIS dan Al-Qaeda kemungkinan "mengulang skenario 2012" saat kelompok ekstremis memberontak dan mendirikan negara Islam di utara Mali.

Mali, negara di Afrika Barat yang dilanda konflik bersenjata sejak 2012, menghadapi situasi keamanan runyam beberapa tahun belakangan. Implementasi perjanjian damai yang diteken kelompok-kelompok bersenjata Mali pada 2015 macet dan serangan ke komunitas sipil terus berlanjut.

Baca Juga: Densus 88 Beber Jejak Karyawan KAI Tersangka Teroris: 2010 Gabung MIB, 2014 Baiat ke ISIS

Pakar PBB memperingatkan bahwa klausul perjanjian damai yang urung dipenuhi, yakni pelucutan senjata, demobilisasi, dan reintegrasi kombatan ke masyarakat dimanfaatkan kelompok Jama’a Nusrat ul-Islam wa al-Muslimin (JNIM) untuk mencoba menguasai utara mali.

Pasalnya, kelompok-kelompok bersenjata di kawasan Greater Sahara "terlihat lemah dan tidak bisa diandalkan sebagai penjamin keamanan" bagi masyarakat yang menjadi target kombatan ISIS di kawasan tersebut.


Junta militer Mali, berkuasa sejak 2021, disebut sekadar memantau konfrontasi antara ISIS dengan kelompok yang terafiliasi Al-Qaeda. Sejumlah sumber menyebut junta meyakini bahwa pertempuran kedua kelompok itu akan menguntungkan militer Mali.

Akan tetapi, panel pakar PBB menyebut waktu yang ada akan menguntungkan kelompok ekstremis. Pasalnya, kelompok ekstremis punya "kapasitas militer dan penetrasi komunitas yang meningkat setiap hari."

Situasi keamanan juga disebut semakin runyam usai junta Mali mengusir 15.000 pasukan perdamaian PBB yang sedekade belakangan menghadapi kelompok ekstremis di Mali.

Pasukan perdamaian PBB disebut "memainkan peran krusial" memfasiliasi perundingan antara pihak-pihak yang berkonflik. Kelompok-kelompok bersenjata di Mali pun kini disebut masih memperebutkan wilayah-wilayah di utara Mali, termasuk organisasi kriminal yang berebut jalur penyelundupan narkoba.

"Mali masih menjadi titik utama perdagangan narkoba di Afrika Barat dan di antara negara-negara pesisir di Teluk Guinea dan Afrika Utara," demikian tulis laporan pakar PBB dikutip Associated Press, Sabtu (26/8/2023).

Baca Juga: Junta Militer Niger Ditakutkan Bekerja Sama dengan Wagner, Apalagi Bertemu Sekutu Prigozhin di Mali

 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x