Kompas TV internasional kompas dunia

Moskow Klaim Gagalkan Serangan atas Jembatan Krimea, tapi Drone Ukraina Hantam Banyak Wilayah Rusia

Kompas.tv - 3 September 2023, 02:05 WIB
moskow-klaim-gagalkan-serangan-atas-jembatan-krimea-tapi-drone-ukraina-hantam-banyak-wilayah-rusia
Foto Jembatan Kerch di Krimea. Pemerintah Rusia, Sabtu (2/9/2023), menyebut pasukannya berhasil mencegat sekaligus menghancurkan tiga drone angkatan laut Ukraina di atas Jembatan Kerch, Krimea. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Ukraina menggempur berbagai wilayah dan lokasi penting Rusia, termasuk jembatan kunci Kerch yang menghubungkan Rusia dengan Krimea, Sabtu (2/9/2023). Dalam serangan terhadap berbagai wilayah lain jauh di dalam wilayah Rusia, beberapa warga tewas dan fasilitas rusak. 

Dalam serangan yang berhasil menghantam wilayah Belgorod pada Sabtu sore (2/9), seorang warga sipil tewas dan dua lainnya terluka akibat serangan drone di wilayah Belgorod Rusia yang berbatasan dengan Ukraina, kata Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov.

Dua drone Ukraina menyerang distrik Valuysky di wilayah Belgorod, menyebabkan kerusakan ringan pada rumah pribadi dan mobil, sementara satu drone lainnya dicegat pertahanan udara Rusia di distrik Grayvoronsky. 

Seorang perempuan terluka selama gempuran Ukraina atas sebuah desa di wilayah Kursk yang berbatasan dengan Ukraina, kata gubernur regional setempat, Roman Starovoit. Dia menuding Ukraina atas gempuran tersebut. 

Otoritas Ukraina, yang umumnya enggan memberikan komentar tentang serangan di wilayah Rusia, tidak mengatakan apakah mereka yang melancarkan serangan-serangan tersebut. 

Empat warga Rusia terluka dalam penembakan oleh Ukraina di kota Donetsk di Ukraina timur, kata wali kota yang ditunjuk oleh Moskow, Aleksei Kulemzin.

Baca Juga: Ukraina Hantam 6 Wilayah Rusia dengan Drone, Serangan Terbesar Sejak Konflik Terjadi

Tentara Ukraina di depan rumah yang terbakar akibat terkena dampak artileri Rusia, Jumat (1/9/2023). Artileri Ukraina menembak posisi tentara Rusia dekat Bakhmut, Jumat, (1/92023). Rusia, Sabtu (2/9/2023), mengatakan pasukannya berhasil mencegat dan menghancurkan tiga drone angkatan laut Ukraina atas Jembatan Kerch di Krimea. (Sumber: AP Photo)

Otoritas Ukraina, yang umumnya enggan memberikan komentar tentang serangan di wilayah Rusia, tidak mengatakan apakah mereka yang melancarkan serangan-serangan tersebut. Serangan drone dan tembakan di wilayah perbatasan Rusia adalah kejadian yang sering terjadi.

Sementara itu, pemerintah Rusia mengatakan pasukannya berhasil mencegat dan menghancurkan tiga drone angkatan laut Ukraina yang digunakan dalam upaya untuk menyerang Jembatan Kerch, penghubung Rusia dan Krimea, sekaligus memaksa penutupannya sementara untuk ketiga kalinya dalam kurun waktu kurang dari setahun.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x