Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Jokowi Bertolak ke India Hadiri KTT G20, Bawa Komitmen Stabilitas dan Perdamaian

Kompas.tv - 8 September 2023, 18:44 WIB
presiden-jokowi-bertolak-ke-india-hadiri-ktt-g20-bawa-komitmen-stabilitas-dan-perdamaian
Presiden Jokowi bersama Iriana bertolak ke New Delhi, India dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (08/09/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

TANGERANG, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo bertolak ke New Delhi, India untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Jokowi dengan didampingi Ibu Negara Iriana bertolak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (8/9/2023) sekitar pukul 14.45 WIB.

Sejumlah jajaran pemerintahan termasuk Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Laksaman Yudo Margono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengantarkan kepergian Jokowi di Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Xi Jinping Tak Datang ke KTT G20 di India dan Bikin Joe Biden Kecewa, Ini Kemungkinan Alasannya

Selain dalam rangka menghadiri KTT G20, Jokowi disebut akan melangsungkan sejumlah pertemuan bilateral di sela-sela konferensi. KTT G20 di New Delhi akan berlangsung pada Sabtu (9/9) hingga Minggu (10/9).

Sebelumnya, dalam keterangan pers usai KTT ASEAN ke-34, Kamis (7/9), Jokowi menyatakan bahwa pihaknya akan membawa sejumlah komitmen ke KTT G20 India, di antaranya mengenai stabilitas dan perdamaian.

"Besok siang saya berangkat ke G20 Summit di India dan komitmen apa yang akan kita bawa ke sana. Menurut saya stabilitas dan perdamaian adalah kunci kemakmuran bahwa dunia membutuhkan safe house,” kata Jokowi dikutip laman Sekretariat Kabinet RI.

“Kolaborasi, kerja sama itu harus diutamakan, dan Indonesia akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusivitas dan hak-hak untuk mensejahterakan rakyatnya termasuk di dalamnya industrial down streaming,” lanjutnya.

Selain Iriana, Jokowi didampingi sejumlah menteri dalam penerbangan ke New Delhi, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Ini Hasil Lengkap Pernyataan Bersama Pemimpin KTT Asia Timur yang Dipimpin Jokowi


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x