Kompas TV internasional kompas dunia

40 Komandan Militer Israel Diajukan ke Mahkamah Pidana Internasional, Ada Menhan Yoav Gallant

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 18:30 WIB
40-komandan-militer-israel-diajukan-ke-mahkamah-pidana-internasional-ada-menhan-yoav-gallant
Organisasi di Amerika Serikat mengajukan daftar 40 komandan Israel ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) untuk diusut atas tuduhan kejahatan perang di Gaza, menyatakan mereka bertanggung jawab atas perencanaan, perintah, dan pelaksanaan pemboman sembarangan, penghancuran sembrono, dan pembunuhan massal warga sipil di Gaza, Kamis (21/12/2023). (Sumber: DAWN)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Organisasi di Amerika Serikat (AS) mengajukan daftar 40 komandan Israel ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) untuk diusut atas tuduhan kejahatan perang di Gaza, Kamis (21/12/2023). Para komandan Israel itu disebut bertanggung jawab atas perencanaan, perintah, dan pelaksanaan pengeboman sembarangan, penghancuran sembrono, dan pembunuhan massal warga sipil di Gaza.

Democracy for Arab World Now (DAWN) dalam pernyataannya menegaskan Jaksa Penuntut Umum Mahkamah Pidana Internasional (ICC) seharusnya menyelidiki para komandan Israel senior sebagai tersangka atas 'kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan', seperti laporan Anadolu, Jumat (22/12/2023).

Pernyataan DAWN menyebutkan nama-nama 40 komandan Israel telah diajukan kepada Jaksa Agung ICC, Karim Khan. DAWN mengeklaim mereka terlibat atau bertanggung jawab langsung atas operasi yang kemungkinan mencakup serangan sembarangan dan sengaja terhadap warga sipil, penggunaan kelaparan sebagai senjata, pemblokiran bantuan kemanusiaan, dan penerapan pengepungan di Gaza.

Sarah Leah Whitson, Direktur Eksekutif DAWN, menyatakan, "Empat puluh (40) komandan Israel bertanggung jawab atas perencanaan, perintah, dan pelaksanaan pemboman sembarangan, penghancuran sembrono, dan pembunuhan massal warga sipil di Gaza seharusnya menjadi tersangka utama dalam setiap penyelidikan ICC."

DAWN mengajukan kepada Jaksa Agung ICC, Karim A.A. Khan KC, daftar 40 komandan militer Israel yang turut serta atau memiliki tanggung jawab langsung atas operasi yang kemungkinan mencakup serangan sembarangan dan sengaja terhadap warga sipil, penggunaan kelaparan sebagai senjata, pemblokiran bantuan kemanusiaan, dan penerapan pengepungan di Gaza.

DAWN menyusun daftar ini sebagai respons terhadap seruan Jaksa ICC pada 17 November untuk menyampaikan informasi yang relevan terkait penyelidikan timnya atas pelanggaran Statuta Roma di Palestina, termasuk perang saat ini di Gaza.

Diagram organisasi dari aktor militer Israel yang aktif di Gaza disusun secara eksklusif dari publikasi resmi militer Israel yang mengonfirmasi keberadaan unit-unit militer tertentu di dalam Jalur Gaza antara 8 Oktober 2023 dan 13 November 2023, atau terlibat dalam memberlakukan pengepungan serta menembaki dan mengebom wilayah tersebut dalam periode waktu tersebut.

Setiap entri dalam daftar ini diverifikasi melalui wawancara televisi dengan perwira komando dari unit yang bersangkutan. Setiap entri mencakup nama, pangkat, foto, dan peran dari komandan masing-masing unit tersebut.

Daftar itu mencakup perwira mulai pangkat letnan jenderal dan yang memimpin unit setidaknya pasukan seukuran batalion. Ini mencakup hampir semua cabang militer Israel, serta Koordinator Kegiatan Pemerintah di Wilayah (COGAT), unit yang mengelola pengepungan di Gaza.

Baca Juga: Janji Mengerikan Komandan Militer Israel, Bakal Ratakan Gaza dan Cari Pembenaran atas Pembantaian

Menhan Israel, Yoav Gallant. Organisasi DAWN di Amerika Serikat menyatakan, mereka hari Kamis, (21/12/2023) mengajukan daftar 40 komandan Israel ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) untuk diusut atas tuduhan kejahatan perang di Gaza, menyatakan mereka bertanggung jawab atas perencanaan, perintah, dan pelaksanaan pemboman sembarangan, penghancuran sembrono, dan pembunuhan massal warga sipil di Gaza. (Sumber: Times of Israel)

"Ke-40 komandan IDF ini yang bertanggung jawab atas perencanaan, perintah, dan pelaksanaan pengeboman sembarangan, penghancuran sembrono, dan pembunuhan massal warga sipil di Gaza seharusnya menjadi tersangka utama dalam setiap penyelidikan ICC," kata Sarah Leah Whitson, direktur eksekutif di DAWN.

"Pada puncak daftar tersangkanya adalah Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant. Pada 9 Oktober 2023, Gallant memerintahkan pengepungan total di Kota Gaza, memutus pasokan air minum ke seluruh populasi Jalur Gaza - lebih dari 2 juta orang, menghalangi masuknya bantuan kemanusiaan, dan mengawasi pemboman sembarangan atas Gaza," kata organisasi tersebut.

"Kita berperang melawan manusia binatang dan kita akan bertindak sesuai hal tersebut," kata sang Menteri Pertahanan Israel itu, menjelaskan keputusan tersebut. Satu hari kemudian, ia memberi tahu pasukan Israel di perbatasan Gaza, "Saya telah melepaskan semua batasan," dan, "Mereka akan menyesali momen ini, Gaza tidak akan pernah kembali seperti semula."

"Warga sipil menghadapi kemungkinan segera kelaparan," kata Cindy McCain, Direktur Program Pangan Dunia PBB (WFP), pada 16 November 2023.

Daftar tersebut juga mencakup Mayor Jenderal Ghassan Alian. Menurut DAWN, Alian "bertanggung jawab atas pengelolaan pengepungan Gaza dan bertanggung jawab atas memutus pasokan air, makanan, dan bahan bakar pada awal perang."



Sumber : Anadolu / DAWN / Middle East Monitor



BERITA LAINNYA



Close Ads x