Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Kembali Serang Rusia dengan Drone dan Rudal, Moskow Klaim Puluhan Ditembak Jatuh

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 23:59 WIB
ukraina-kembali-serang-rusia-dengan-drone-dan-rudal-moskow-klaim-puluhan-ditembak-jatuh
Kebakaran hebat akibat serangan rudal Rusia di Kiev, Selasa, (2/1/2024). Rusia mengklaim sistem pertahanan udaranya berhasil menembak jatuh puluhan drone Ukraina di Krimea hari Jumat, (4/1/2024), mengatakan sistem pertahanannya berhasil mencegat 36 drone di Krimea dan satu di Krasnodar, bagian dari pola serangan udara Ukraina yang semakin intens dalam beberapa hari terakhir. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia mengeklaim sistem pertahanan udaranya berhasil menembak jatuh puluhan drone Ukraina di Krimea hari Jumat (5/1/2024).

Sirene serangan udara berbunyi di Sevastopol, kota terbesar di Krimea, dan lalu lintas dihentikan untuk hari kedua berturut-turut di jembatan yang menghubungkan semenanjung dengan wilayah Krasnodar selatan Rusia. Jembatan tersebut merupakan jalur pasokan krusial untuk upaya perang Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sistem pertahanannya berhasil mencegat 36 drone di Krimea dan satu di Krasnodar, bagian dari pola serangan udara Ukraina yang semakin intens dalam beberapa hari terakhir.

Sebuah rudal anti-kapal Neptune Ukraina juga hancur di bagian barat laut Laut Hitam, kata kementerian tersebut.

Peristiwa ini terjadi setelah tiga orang terluka hari Kamis malam akibat serangan roket dan drone Ukraina lainnya di kota perbatasan Rusia, Belgorod, dan wilayah sekitarnya, kata Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov.

Gladkov mengunggah foto-foto di Telegram dari sebuah gedung apartemen dengan beberapa jendela pecah dan mobil rusak. Ia mengatakan pihak berwenang dapat membantu mereka yang ingin pindah lebih jauh dari perbatasan.

Pada 6 Januari, serangan Ukraina di Belgorod menewaskan 25 orang, kata pejabat setempat.

Baca Juga: Sekjen PBB Sambut Gembira Pertukaran Ratusan Tawanan Perang Rusia-Ukraina

Petugas Ukraina menggendong korban selamat serangan rudal Rusia di Kiev, Selasa, (2/1/2024). Rusia mengklaim sistem pertahanan udaranya berhasil menembak jatuh puluhan drone Ukraina di Krimea hari Jumat, (4/1/2024), mengatakan sistem pertahanannya berhasil mencegat 36 drone di Krimea dan satu di Krasnodar, bagian dari pola serangan udara Ukraina yang semakin intens dalam beberapa hari terakhir. (Sumber: AP Photo)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berjanji menyerang lebih banyak target di Semenanjung Krimea dan di wilayah perbatasan Rusia tahun ini. Tujuannya adalah untuk mengguncang masyarakat Rusia saat Presiden Vladimir Putin mencari masa jabatan enam tahun lagi dalam pemilihan 17 Maret.

Serangan Ukraina pada fasilitas militer di Krimea hari Kamis memengaruhi pusat komando dan sistem pertahanan udara semenanjung tersebut, klaim juru bicara kekuatan bersama selatan Ukraina, Nataliia Humeniuk.

Dia mengatakan militer Rusia baru-baru ini memindahkan situs peluncuran drone Shahed mereka di Krimea.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x