Kompas TV internasional kompas dunia

Netanyahu Berkeras Tolak Tarik Mundur Tentara Israel dari Gaza dan Lepaskan Ribuan Warga Palestina

Kompas.tv - 30 Januari 2024, 23:20 WIB
netanyahu-berkeras-tolak-tarik-mundur-tentara-israel-dari-gaza-dan-lepaskan-ribuan-warga-palestina
Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu hari Selasa, (30/1/2024) menyatakan bahwa tidak akan ada penarikan militer dari Gaza atau pelepasan ribuan militan yang ditahan, sekali lagi berjanji perang tidak akan berakhir tanpa kemenangan mutlak Israel atas Hamas. (Sumber: Times of Israel)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menyatakan bahwa tidak akan ada penarikan militer dari Gaza atau pelepasan ribuan milisi yang ditahan, Selasa (30/1/2024). Dua hal itu merupakan tuntutan utama Hamas dalam pembicaraan gencatan senjata tidak langsung yang sedang berlangsung.

Pernyataan itu dilontarkan Netanyahu di tengah berlangsungnya perundingan yang sengit di Paris dan Kairo, yang difasilitasi Qatar, Mesir, dan Amerika Serikat (AS) terkait perang Israel-Hamas di Gaza.

Dalam sebuah acara di Tepi Barat yang diduduki, Netanyahu sekali lagi berjanji perang tidak akan berakhir tanpa "kemenangan mutlak" Israel atas Hamas, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (30/1).

"Kami tidak akan mengakhiri perang ini tanpa mencapai semua tujuan kami," ujarnya. "Kami tidak akan menarik militer Israel dari Jalur Gaza dan kami tidak akan melepaskan ribuan tahanan," ungkapnya merujuk ribuan warga Palestina yang ditawan Israel.

Pada para siswa di akademi militer di Tepi Barat yang dikunjunginya, Netanyahu menyebut Israel tidak akan melepaskan ribuan tawanan Palestina dan tidak akan menarik tentara Israel (IDF) dari Gaza.

Media Israel melaporkan kemarin bahwa Israel telah menyetujui kerangka yang akan melibatkan pembebasan ratusan tahanan Palestina untuk setiap sandera.

Kantor Netanyahu tidak membantah laporan mengenai potensi kesepakatan kerangka, tetapi mengatakan beberapa elemen yang dilaporkan tidak akurat.

Dalam pidatonya pada Selasa, Netanyahu mengatakan mengenai perang berkelanjutan melawan Hamas, "Ini bukan putaran lain, bukan pertukaran serangan lain, bukan operasi lain." Sebaliknya, katanya, Israel bersikeras untuk "kemenangan mutlak."

"Tidak ada yang kurang dari itu" yang akan diterima, kata Netanyahu kepada akademi militer Bnei David di Eli. "Saya berkomitmen padanya, pejuang kami berkomitmen padanya, dan mayoritas mutlak dari rakyat berkomitmen padanya. Kami tidak akan puas tanpa kemenangan total."

Baca Juga: Gedung Putih Umumkan Kerangka Kesepakatan Baru Israel dan Hamas, Tapi Tidak Ada Gencatan Senjata

Bos CIA William Burns dan bos Mossad David Barnea. Hamas hari Senin, (29/1/2024), menegaskan pembebasan tawanan yang mereka pegang akan memerlukan jaminan berakhirnya serangan Israel di Gaza dan penarikan semua pasukan Isrel dari Gaza. (Sumber: Times of Israel)


Sumber : Associated Press / Times of Israel



BERITA LAINNYA



Close Ads x