Kompas TV regional papua maluku

Buka Musrenbang Pemerintah Provinsi Papua Barat Launching Aplikasi SI-Penting

Kompas.tv - 29 April 2024, 21:40 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

MANOKWARI, KOMPAS.TV - Penjabat Gubernur Papua Barat membuka musrenbang tahun 2024. Dalam musrenbang tersebut, Ali Baham Temongmere menegaskan tentang pentingnya pengambilan kebijakan secara berjenjang dalam rangka efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan yang dimaksudkan adalah tentang pelayanan publik. Pemerintah kampung hingga kabupaten, harus mampu merumuskan program pembangunan dan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat. Sementara pemerintah provinsi hanya dapat melakukan hal kekhususan.

Dalam musrenbang ini, perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan, tentu tidak terlepas dari keberpihakan kepada orang asli papua.

Di tengah tuntutan zaman dewasa ini, banyak orang papua yang berpendapat bahwa tidak merasakan dana otonomi khusus. Penjabat gubernur kemudian mengusulkan adanya rumusan khusus untuk menjawab kebutuhan tersebut. 

Sejalan dengan itu, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempyi Wetipo, menitipkan pesan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Yang mana dalam musrenbang sinkron dengan arah perencanaan dan pembangunan nasional, kondisi pembangunan Provinsi Papua Barat dan kebijakan perencanaan pembangunan Tahun 2025.

Pada musrenbang Tahun 2024, pemerintah Provinsi Papua Barat juga launching aplikasi SI-Penting, guna mempermudah pelayanan publik pada badan perencanaan dan pembangunan daerah.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x