Kompas TV internasional kompas dunia

Kesaksian Mengerikan Warga Gaza yang Berhasil Lolos dari Serbuan Israel ke Rumah Sakit Utama

Kompas.tv - 24 Maret 2024, 23:07 WIB
kesaksian-mengerikan-warga-gaza-yang-berhasil-lolos-dari-serbuan-israel-ke-rumah-sakit-utama
Tenaga medis Palestina dekat ambulans yang dihantam serangan udara Israel di dalam Rumah Sakit Nasser di Khan Younis. Warga Palestina yang lolos dari serangan Israel di sekitar rumah sakit utama Gaza memberi kesaksian mereka dalam serbuan Israel ke rumah sakit tersebut. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

RAFAH, KOMPAS.TV - Warga Palestina yang melarikan diri dari serangan Israel di sekitar rumah sakit utama Gaza memberi kesaksian mengerikan tentang gempuran brutal, penangkapan massal, dan pemaksaan para tawanan warga sipil melintasi mayat warga Gaza yang bergelimpangan terbunuh serbuan Israel, dalam wawancara, Minggu (24/3/2024).

Militer Israel mengklaim telah membunuh lebih dari 170 anggota Hamas dan menangkap sekitar 480 tersangka dalam serangan terhadap Rumah Sakit Shifa yang dimulai Senin (13/3) pekan lalu, menggambarkannya sebagai pukulan besar bagi Hamas dan kelompok bersenjata lainnya yang diklaim berkumpul di sana.

Pertempuran ini juga menunjukkan ketahanan kelompok bersenjata Palestina di Gaza yang telah parah terluka, tempat pasukan Israel kembali setelah serangan serupa pada awal perang.

Kareem Ayman Hathat, seorang warga yang tinggal di bangunan lima lantai sekitar 100 meter dari rumah sakit, menceritakan betapa dia berada dalam ketakutan di dapur selama beberapa hari karena tembakan dan ledakan membuat bangunan itu bergetar hebat.

Awal Sabtu (23/3) kemarin, pasukan Israel menyerbu bangunan tersebut dan memaksa puluhan warga untuk keluar. Dia menggambarkan bagaimana para pria dipaksa untuk melepas pakaian mereka dan empat orang ditahan. Sementara yang lainnya diborgol, ditutup mata dan diperintahkan untuk mengikuti tank ke selatan sambil ledakan terus terdengar di sekitar mereka.

“Dari waktu ke waktu, tank akan menembakkan peluru. Itu untuk membuat kita ketakutan." ujarnya kepada Associated Press dari tempat perlindungan sementara lainnya. 

Mayor Jenderal Yaron Finkelman, kepala komando selatan Israel, menyebut serangan terhadap Shifa sebagai operasi yang berani, sulit, dan sangat mengesankan.

"Operasi tersebut akan berakhir ketika teroris terakhir berada dalam genggaman kita, hidup atau mati," kata Finkelman.

Pesawat tempur Israel dilaporkan melancarkan serangan di sekitar rumah sakit pada hari Minggu.

Baca Juga: Sekjen PBB Kunjungi Perbatasan Rafah, Mengaku Tidak Berdaya Hentikan Israel

Pasukan tank Israel bergerak merangsek ke Gaza Minggu (24/3/2024). Warga Palestina yang lolos dari serangan Israel di sekitar rumah sakit utama Gaza memberi kesaksian mengerikan tentang gempuran brutal yang dilakukan Israel. (Sumber: Anadolu)

Rumah Sakit Shifa hampir tidak berfungsi setelah serangan pada November 2023. Israel mengklaim Hamas memiliki pusat komando rahasia di dalam dan di bawah rumah sakit, dengan mengungkapkan sebuah terowongan tunggal dan menemukan senjata di beberapa bagian rumah sakit.

Gaza City, di mana Shifa berada, menderita kerusakan luas akibat serangan Israel. Pasukan Israel memblokir Gaza bagian utara sejak November tahun lalu, mengakibatkan minimnya bantuan yang masuk dalam beberapa minggu terakhir.

Pekan lalu, para ahli memperingatkan kelaparan hampir tidak terhindarkan di Gaza utara, di mana lebih dari 210.000 orang menderita kelaparan yang parah.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x