Kompas TV internasional kompas dunia

Berkat Peringatan Biden, Israel Setuju Buka Dua Rute Baru untuk Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Kompas.tv - 5 April 2024, 09:43 WIB
berkat-peringatan-biden-israel-setuju-buka-dua-rute-baru-untuk-bantuan-kemanusiaan-ke-gaza
Kendaraan World Central Kitchen yang hancur dan berlubang besar di bagian atas akibat serangan udara Israel di Deir al Balah, Jalur Gaza, Selasa, 2 April 2024. Serangkaian serangan udara menewaskan tujuh pekerja bantuan dari badan amal internasional tersebut, menyebabkan mereka menunda pengiriman bantuan makanan penting ke Gaza. (Sumber: Foto AP/Ismael Abu Dayyah)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Israel akhirnya menyetujui membuka dua rute baru untuk membuat lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

Gerbang Erez di utara Gaza akan kembali dibuka untuk pertama kalinya sejak awal perang di Gaza.

Pelabuhan Ashdod juga akan dibuka untuk pengiriman bantuan kemanusiaan.

Baca Juga: Biden Ancam Netanyahu, Israel Harus Cegah Kematian Warga Sipil di Gaza jika Ingin Terus Didukung AS

Lebih banyak bantuan dari Yordania juga akan diizinkan masuk Gaza melalui penyeberangan Kerem Shalom.

Keputusan ini terjadi beberapa jam setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara dengan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, untuk pertama kalinya sejak tujuh pekerja bantuan kemanusiaan World Central Kitchen (WCK) tewas terbunuh serangan Israel.

Berdasarkan pernyataan dari hubungan via telepon itu, Biden menegaskan Israel harus mengambil langkah untuk menghindarkan kematian warga sipil, dan penyiksaan kemanusiaan jika ingin mempertahankan dukungan AS.

Dikutip dari BBC, Jumat (5/4/2024), diyakini pembukaan rute kemanusiaan tersebut secara spesifik adalah permintaan Biden lewat sambungan telepon.

Tujuh orang yang bekerja di badan bantuan kemanusiaan Dapur Pusat Dunia (WCK) terbunuh oleh serangan Israel di Gaza pada Senin  (1/4/2024).

Pada insiden tersebut, konvoi WCK tengah memasuki Gaza dan kemudian menjadi sasaran serangan udara Israel, saat menuju rute bantuan di pantai selatan yang dibuat oleh Israel.

Insiden tersebut terjadi setelah mereka menurunkan 100 ton makanan dari tongkang di sebuah gudang di Deir Al-Balah.

Sementara itu, Dewan Keamanan Nasional AS menyambut baik pembukaan dua rute baru untuk bantuan kemanusiaan itu.

Baca Juga: Kelaparan di Gaza: Oxfam Sebut Warga di Utara Hanya Konsumsi 245 Kalori per Hari

Mereka pun menegaskan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza saat ini harus segera diimplementasikan seluruhnya dan secepatnya.

Dewan Kemanan Nasional AS mengungkapkan, kebijakan AS akan ditentukan oleh langkah Israel untuk melindungi warga sipil yang tak bersalah, juga memastikan keamanan pekerja bantuan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sendiri sudah mengatakan akan adanya perubahan kebijakan jika AS tak melihat adanya perubahan dari Israel.


 



Sumber : BBC



BERITA LAINNYA



Close Ads x