Kompas TV internasional kompas dunia

Tuntutan Kemerdekaan dari Wilayah Jajahan Prancis Semakin Menggema, Paris Mumet

Kompas.tv - 9 Juni 2024, 03:15 WIB
tuntutan-kemerdekaan-dari-wilayah-jajahan-prancis-semakin-menggema-paris-mumet
Pengunjuk rasa di Kaledonia Baru yang menuntut kemerdekaan dari Paris. Prancis makin menghadapi gerakan kemerdekaan dari berbagai wilayah jajahannya, yang mencakup 18% wilayah Prancis dan dihuni oleh 2,6 juta orang. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ANKARA, KOMPAS.TV - Prancis makin menghadapi gerakan kemerdekaan dari berbagai wilayah jajahannya, yang mencakup 18% wilayah Prancis dan dihuni oleh 2,6 juta orang.

Koloni Prancis punya status politik yang berbeda-beda, termasuk Guadeloupe, Martinique, Saint-Martin, Saint-Barthélemy, Saint Pierre dan Miquelon di Samudra Atlantik; Reunion, Mayotte, dan Wilayah Selatan dan Antartika Prancis di Samudra Hindia; sementara Polinesia Prancis, Kaledonia Baru, Wallis dan Futuna berada di Samudra Pasifik; serta Guyana Prancis di Amerika Selatan.

Sebanyak 12 koloni Prancis, yang terdekat sekitar 4.000 kilometer dari Prancis dan yang terjauh 17.000 kilometer, jauh dari induknya, Prancis, dalam urusan standar hidup.

Menghadapi berbagai masalah sosial ekonomi dan mengeluhkan ketidakcukupan infrastruktur serta layanan keamanan yang disediakan oleh pemerintahan Prancis, koloni-koloni ini menuntut lebih banyak otonomi, bahkan kemerdekaan.

Gerakan Kemerdekaan Ditekan di Kaledonia Baru

Di Kaledonia Baru, yang berjarak sekitar 17.000 kilometer dari daratan Prancis, gerakan kemerdekaan memobilisasi dukungan namun dihajar dengan inisiatif reformasi konstitusi pemerintah Prancis untuk mengurangi pengaruh penduduk asli dalam pemilihan umum.

Upaya pemerintah Prancis membuka jalan bagi orang Prancis yang tinggal di pulau itu setidaknya selama 10 tahun untuk memberikan suara dalam pemilihan, bertentangan dengan Perjanjian Noumea yang ditandatangani dengan penduduk setempat pada tahun 1988, akhirnya memunculkan protes dan unjuk rasa besar-besaran.

Pemerintah Prancis mengirim polisi dan gendarmerie ke pulau itu untuk menekan protes yang berlangsung sekitar sebulan. Tujuh orang tewas dalam insiden yang terjadi di pulau itu. Keadaan darurat, yang diumumkan pada 13 Mei, dicabut pada 27 Mei ketika situasi terkendali di ibu kota, Noumea.

Presiden Prancis Emmanuel Macron tidak menarik RUU reformasi konstitusi selama kunjungannya ke pulau itu dan memberi waktu untuk dialog antara pendukung dan penentang.

Baca Juga: Pemimpin Pro-Kemerdekaan Kaledonia Baru Serukan Pendukung untuk Tetap Melawan Prancis

Asap membubung saat protes di Noumea, Kaledonia Baru, pada 15 Mei 2024. Harga nikel global melonjak sejak kerusuhan mematikan terjadi di wilayah Pasifik Prancis, Kaledonia Baru. (Sumber: AP Photo)

Guyana Prancis Ingin Lebih Banyak Otonomi

Guyana Prancis di Amerika Selatan, 7.000 kilometer dari Prancis, mengalami masalah keamanan. Imigrasi ilegal dan penambangan emas ilegal di perbatasan Brasil adalah salah satu masalah utama koloni berpenduduk 300.000 orang ini, di mana tingkat pembunuhan 10 kali lebih tinggi dari induknya di Prancis.

Tingkat kemiskinan dan pengangguran tinggi, dengan penduduk mengeluhkan pemerintah tidak cukup investasi sektor infrastruktur dan kesehatan.

Hampir 40% populasi muda di Guyana Prancis pergi ke luar negeri untuk mencari pendidikan dan atau pekerjaan.

Pemerintah setempat bereaksi terhadap fakta bahwa Macron menjanjikan lebih banyak otonomi ke pulau Prancis di Mediterania, Korsika, sementara langkah serupa tidak diambil untuk Guyana.

Gabriel Serville, Ketua Parlemen Guyana Prancis, mengkritik "standar ganda" pemerintah dalam memberikan lebih banyak otonomi, menyatakan keanekaragaman budaya pulau Korsika, yang berjarak 160 kilometer dari Prancis, didahulukan tetapi Guyana Prancis, yang berjarak 7.000 kilometer, tidak diperlakukan sama.

Kongres Guyana Prancis memilih pada tahun 2020 untuk meminta otonomi yang lebih besar dengan status khusus. Meskipun ada permintaan dari penduduk, setelah hampir empat tahun, tidak ada kemajuan dalam negosiasi dengan Paris mengenai regulasi konstitusional.

Baca Juga: Macron Terbang ke Kaledonia Baru di Tengah Kerusuhan Penduduk Asli Menentang Penjajahan Prancis

Seorang wanita mengibarkan bendera Kanak dan Front Pembebasan Nasional Sosialis (FLNKS) di Noumea, Kaledonia Baru, Rabu, 15 Mei 2024. Prancis makin menghadapi gerakan kemerdekaan dari berbagai wilayah jajahannya, yang mencakup 18% wilayah Prancis dan dihuni oleh 2,6 juta orang. (Sumber: AP Photo)

Tuntutan Otonomi Meningkat Setelah Protes Covid-19 di Guadeloupe dan Martinique

Pulau Karibia Guadeloupe, dengan populasi 400.000 orang yang berjarak sekitar 7.000 kilometer dari Prancis, mengalami masalah keamanan karena tingkat kejahatan yang enam kali lebih tinggi dari rata-rata nasional Prancis dan tingkat perampokan bersenjata yang 20 kali lebih tinggi.

Karena semakin banyaknya anak muda yang terlibat dalam kejahatan, jam malam diberlakukan pada bulan April untuk Pointe-a-Pitre, ibu kota komersial pulau itu, bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun.

Ada protes intens di pulau itu akibat langkah-langkah lockdown yang diterapkan oleh pemerintah Prancis selama pandemi Covid-19. Prancis mengirim pasukan keamanan ke wilayah tersebut untuk menekan protes yang menyebar di Martinique dari koloni lain.

Karena itu, sementara diskusi otonomi kembali mencuat, Menteri Wilayah Seberang Laut Prancis saat itu, Sebastien Lecornu, mengatakan Paris "siap untuk negosiasi otonomi."

Setelah protes akibat wabah Covid-19., tuntutan otonomi juga mendapatkan momentum di koloni tetangga, Martinique.

Presiden Dewan Eksekutif Martinique, Serge Letchimy, mencari dukungan dari mitra regional untuk memberikan status otonomi kepada pulau itu tanpa memisahkan diri dari Prancis.

Pada bulan November, Kongres Martinique memilih untuk menambahkan pasal dalam Konstitusi Prancis yang memungkinkan undang-undang disesuaikan dengan realitas sosial dan ekonomi pulau itu.



Sumber : Anadolu



BERITA LAINNYA



Close Ads x