Kompas TV kuliner cerita rasa

Sosis Tempe Sarat Gizi untuk Vegetarian, Begini Cara Bikinnya

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 18:34 WIB
sosis-tempe-sarat-gizi-untuk-vegetarian-begini-cara-bikinnya
Sekelompok mahasiswa Fakultas MIPA UNY berinovasi membuat sosis tempe dengan tambahan jamur tiram (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Sosis biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam. Namun, bagaimana jika sosis terbuat dari tempe?

Sekelompok mahasiswa Fakultas MIPA UNY berinovasi mengolah tempe menjadi sosis dengan tambahan jamur tiram. Lutfiah Nur Hidayah, Yuliari Suprihatin, dan Ahmad Hidayatullah membuat sosis analog yang berbahan dasar tempe.

Sosis analog adalah makanan yang terbuat dari ahan bukan daging, tetapi memiliki sifat seperti daging. Produk sosis tanpa daging masih sangat jarang ditemukan, sehingga makanan ini cocok untuk para vegetarian.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Sosis Solo yang Lezat

Pemilihan tempe sebagai bahan baku sosis juga bukan tanpa alasan. Kandungan protein tertinggi tidak terdapat pada daging, melainkan ada di kedelai.

Kedelai memiliki kandungan protein sebanyak 34,1 sampai 34,3 gram, sedangkan daging ayam hanya 14,5 sampai 23,4 gram dan daging sapi 13,6 sampai 21,8 gram.

“Penambahan jamur tiram ke dalam sosis tempe membuat sosis kaya serat karena 100 gram jamur tiram mengandung 3,44 persen serat kasar,” ujar Lutfiah Nur Hidayah dalam siaran persnya beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan kadar serat itu tergolong tinggi dan bisa membantu mencegah sembelit, kanker, sakit pada usus besar, menurunkan kadar kolesterol, dan sebagainya.

Baca Juga: Warga Manfaatkan Minuman Dan Sosis Yang Berserakan Dijalan

Pembuatan sosis tempe dimulai dengan membuat tepung tempe. Tempe dipotong selebar 0,5 sentimeter dan dimasak  dengan cara blanching pada suhu 100 derajat Celsius selama 15 menit. Blanching adalah teknik memasak makanan di dalam air atau uap dalam waktu yang singkat.

Setelah itu, dimasukkan ke dalam oven dengan suhu 55 derajat Celsius selama 12 jam lalu digiling halus. Jamur tiram juga dicuci bersih dan digiling halus.

Kemudian tepung tempe, jamur tiram giling, dan tepung maizena dicampur rata dan diberi garam, telur, gula, minyak, lada, bawang putih, dan air. Adonan dituang ke dalam selongsong sosis. Selongsong tersebut diikat setiap 12 sentimeter lalu direbus selama 15 menit. Dinginkan dan potong tiap ruasnya. Sosis tempe dan jamur tiram siap dikonsumsi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x