Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa Itu ISPA? Berikut Penjelasan dan Cara Mencegahnya

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 07:30 WIB
apa-itu-ispa-berikut-penjelasan-dan-cara-mencegahnya
Ilustrasi. Apa itu ISPA? Berikut penjelasannya dan cara mencegahnya. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - ISPA adalah singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut, istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan berbagai infeksi yang memengaruhi bagian-bagian saluran pernapasan seperti hidung, tenggorokan, bronkus, dan paru-paru.

ISPA diklasifikasikan menjadi dua jenis, yakni infeksi saluran pernapasan atas (URTI) atau infeksi saluran pernapasan bawah (LRTI). 

Dilansir dari National Library of Medicine, URTI adalah singkatan dari Upper Respiratory Tract Infection, yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Infeksi Saluran Pernapasan Atas. 

URTI mencakup berbagai infeksi yang mempengaruhi bagian atas saluran pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan sinus. Contoh umum URTI termasuk pilek, radang tenggorokan, dan sinusitis.

Sementara LRTI adalah Lower Respiratory Tract Infection, yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Infeksi Saluran Pernapasan Bawah. 

LRTI mencakup berbagai infeksi yang mempengaruhi bagian bawah saluran pernapasan, seperti bronkus dan paru-paru. Contoh umum LRTI termasuk bronkitis akut, bronkitis kronis, dan pneumonia.

Penyebab ISPA

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dapat disebabkan oleh berbagai jenis virus dan bakteri. Beberapa penyebab umum ISPA meliputi:

Baca Juga: Kemenkes Catat Pasien ISPA di Jakarta Capai 200 Ribu, Warga Diimbau Pakai Masker

1. Virus Influenza: Virus ini menyebabkan flu atau pilek parah dan dapat menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

2. Rhinovirus: Jenis virus ini adalah penyebab umum pilek.

3. Virus Respiratori Syncytial (RSV): Terutama mempengaruhi bayi dan anak-anak, menyebabkan gejala mirip pilek dan bronkitis.

4. Virus Parainfluenza: Menyebabkan infeksi pernapasan atas yang bervariasi dari pilek hingga penyakit pernapasan yang lebih serius.

5. Virus Corona: Beberapa jenis virus corona dapat menyebabkan ISPA, termasuk SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19.

6. Bakteri Streptococcus: Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi tenggorokan dan radang amandel.

7. Bakteri Haemophilus influenzae: Dapat menyebabkan berbagai infeksi pernapasan, termasuk otitis media (radang telinga) dan pneumonia.

8. Bakteri Bordetella pertussis: Bakteri ini menyebabkan penyakit batuk rejan yang sering disebut sebagai batuk kokol.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x