Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Makanan Ini Tinggi Vitamin B6, Siapa Sangka Bisa Cegah Gangguan Mood dan Kecemasan

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 18:00 WIB
7-makanan-ini-tinggi-vitamin-b6-siapa-sangka-bisa-cegah-gangguan-mood-dan-kecemasan
Ilustrasi pisang. Buah ini menjadi dari satu dari sekian banyak buah yang punya kandungan tinggi vitamin B6. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Penelitian dari University of Reading menemukan bahwa konsumsi vitamin B6 dosis tinggi terbukti mengurangi perasaan cemas dan depresi. Para ilmuwan mengukur dampak pada orang dewasa muda yang mengonsumsi suplemen setiap hari selama sebulan.

Dikutip dari laman Medical News Today, penelitian tersebut telah diterbitkan di jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental. Penelitian tersebut memberikan bukti untuk mendukung penggunaan suplemen yang dianggap dapat mengubah tingkat aktivitas di otak untuk mencegah atau mengobati gangguan mood. 

Vitamin B6 atau pyridoxine merangsang neurotransmitter dan dapat membantu meminimalkan efek berbahaya dari stres. Sebab, pyridoxine membantu tubuh menghasilkan neurotransmitter yang menenangkan, termasuk serotonin dan gamma-aminobutyric acid atau asam gamma-aminobutirat (GABA). 

Baca Juga: Warga Diajak Konsumsi Beras Fortivit Kaya Vitamin dan Tinggi Kandungan Gizi

Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen, vitamin B6 juga bisa didapatkan melalui konsumsi makanan sehat.

Melansir laman Health Line, berikut makanan yang mengandung vitamin B6 tinggi.

1. Susu

Susu merupakan minuman sehat yang bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Konsumsi susu sapi secara rutin direkomendasikan oleh ahli untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 yang cocok bagi seluruh anggota keluarga.

Satu cangkir susu sapi maupun kambing terbukti mampu mencukupi kebutuhan 5 persen vitamin B6 harian yang direkomendasikan. Selain itu susu juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin B12 yang bisa didapatkan melalui satu cangkir yang sama.

2. Hati ayam

Satu-satunya bagian organ ayam yang dinilai bermanfaat adalah hati ayam. Hati merupakan organ hewan yang dianggap paling bernutrisi bahkan pada ayam sekalipun.

Hati ayam mengandung banyak vitamin seperti B6 dan B12. Hati ayam mudah untuk diolah dengan berbagai bumbu dan menjadi masakan jenis apapun, di dalamnya juga terkandung folat dan vitamin A yang penting untuk tubuh.

3. Telur



Sumber : Healthline, Medical News Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x