Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Minyak Esensial untuk Atasi Hidung Tersumbat, Begini Cara Menggunakannya

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 18:35 WIB
6-minyak-esensial-untuk-atasi-hidung-tersumbat-begini-cara-menggunakannya
Ilustrasi. Untuk mencegah dan meredakan hidung tersumbat, obat bukan satu-satunya pilihan. Minyak esensial juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat musim hujan tiba, banyak orang mengalami hidung tersumbat, yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mencegah dan meredakan hidung tersumbat, obat bukan satu-satunya pilihan. Minyak esensial juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Minyak atsiri atau minyak esensial yang terbuat dari ekstrak tumbuhan herbal, telah lama digunakan dalam pengobatan alami.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut 6 jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dan cara menggunakannya.

6 Minyak Esensial untuk Atasi Hidung Tersumbat

1. Pappermint Oil

Menghirup minyak peppermint dapat membantu membuka saluran udara dan membersihkan lendir.

Peppermint oil memiliki sensasi yang menyegarkan ketika dihirup, terutama untuk orang yang mengalami hidung tersumbat.

Hal ini karena minyak peppermint mengandung mentol, yaitu suatu senyawa yang dapat memengaruhi reseptor lendir di hidung, yang kemudian membantu membuka saluran udara, dan membersihkan lendir.

Studi laboratorium menunjukkan, minyak peppermint memiliki kemampuan dalam melawan bakteri, yang dapat menjadi pemicu penyumbatan sinus.

Baca Juga: Orang Tua Perlu Tahu, Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

2. Minyak Kayu Putih

Minyak ini berasal dari tanaman kayu putih dan dianggap sebagai alternatif pengobatan untuk sinusitis dan hidung tersumbat.

Minyak kayu putih sering dijual sebagai dekongestan alami karena mengandung senyawa cineole.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada 2009 membuktikan bahwa cineole dapat menjadi obat yang aman dan efektif untuk masalah sinus, dibandingkan dengan pil yang dapat memicu sakit perut.

Tidak hanya itu, penelitian tersebut menunjukkan, cineole dapat membantu mengatasi gejala sinusitis, termasuk sakit kepala, hidung tersumbat, dan pilek.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit, tetapi juga dapat membantu mengatasi gejala hidung tersumbat.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menunjukan, senyawa alpha-sabine dalam tea tree oil memiliki efek antivirus, antibakteri, dan antijamur.




Sumber : Medical News Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x