Kompas TV nasional politik

Kursi Kosong untuk Terawan Tak Bisa Jawab Soal Dorongan Masyarakat Agar Menkes Mundur

Kompas.tv - 29 September 2020, 20:08 WIB
kursi-kosong-untuk-terawan-tak-bisa-jawab-soal-dorongan-masyarakat-agar-menkes-mundur
Tangkapan layar video YouTube acara Mata Najwa dengan tema Menanti Terawan (Sumber: YouTube Mata Najwa)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Jurnalis sekaligus presenter Najwa Shihab memberikan waktu kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajuakannya di program Mata Najwa edisi "Menanti Terawan".

Diantarannya mengenai penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia dan desakan mundur dari masyarakat.

Dalam diskusi monolog itu, Najwa mengingatkan bahwa Menkes di beberapa negara sudah mundur atau digantikan lantaran dinilai gagal membuat kebijakan stragetis dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Viral Menkes Terawan Dicari Najwa Shihab, Kemenkes: Ada Waktu untuk Jelaskan Semua

Seperti Menkes Selandia Baru, Ceko, Polandia, Brazil, Chili, Pakistan. Kemudian publik health director Israel, president public health agency Kanada juga mundur.

"Pertanyaan saya Pak, apakah penanganan kita lebih baik dari negara-negara yang Menkes-nya mundur itu?" ujar Najwa di program Mata Najwa edisi "Menanti Terawan" yang diunggah di YouTube, Senin (28/9/2020).

Dalam video berdurasi 4 menit 22 detik tersebut Najwa menyatakan desakan publik ke Presiden Joko Widodo melalui petisi yang meminta Menkes untuk mundur sudah beredar.

Ia juga meminta kesiapan Terawan jika harus diminta mundur oleh masyarakat.

Baca Juga: Viral! Tak Kunjung Datang, Najwa Shihab Wawancara Kursi Menteri Kesehatan Terawan

"Siap mundur pak? atau bagaimana anda meyakinkan publik bahwa memang masih layak menjalankan atau menduduki posisi yang berat ini," ujar Najwa.

Najwa menilai tidak ada yang bisa menyelesaikan persoalan pandemi ini sendirian. Tetapi dirinya berharap Terawan dapat hadir dan menjawab setiap pertanyaan untuk memberi gambaran penanganan Covid-19 di Indonesia. 

"Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto waktu dan tempat dipersilahkan," ujar Najwa menutup programnya.

Dalam program Mata Najwa, Najwa Shihab mengatakan jika beberapa kali sudah mencoba mengundang Terawan untuk hadir di acara yang ia bawakan. Sayangnya, Terawan selalu saja absen dari undangan tersebut. 

Baca Juga: Menkes Terawan Trending di Jagat Twitter

Najwa mengatakan, undangan yang ia berikan tidak selalu direspons oleh pihak Menkes. Sekalinya dijawab, pihak Menkes mengaku tidak bisa hadir dengan alasan padatnya jadwal.

Bukan hanya di program milik Najwa Shihab, Menkes Terawan diketahui juga selama ini jarang terlihat batang hidungnya di hadapan publik dalam menanggapi pandemi Covid-19.

Saat dikonfirmasi terkait keberadaan Menkes Terawan, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI Widyawati memastikan kondisi dan keadaan Menkes Terawan dalam kondisi sehat.
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x