Kompas TV nasional peristiwa

Dr Farid Husain, Juru Runding Berbagai Konflik di Indonesia Meninggal Dunia

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 00:10 WIB
dr-farid-husain-juru-runding-berbagai-konflik-di-indonesia-meninggal-dunia
Dr Farid Husain, Sp.B, KBD salah seorang juru runding perdamaian berbagai konflik di Indonesia, meninggal dunia Selasa, 23 Maret 2021 di Makassar. (Sumber: Rayyana.id)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tokoh masyarakat sekaligus juru damai RI-GAM Dr Farid Wajdi Husain, meninggal dunia hari Selasa (23/03/2021) malam di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Telah berpulang ke rahmatullah, suami/kakek/ayahanda/paman kami tercinta Farid Wajdi Husain pada pukul 20.18 WITA, Selasa," ujar Langgo Farid sebagai keluarga dari Farid Wajdi melalui pesan tertulisnya, seperti dikutip Kompas.com, Selasa malam.

Langgo menyampaikan permintaan maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat almarhum semasa hidupnya. "Jika masih ada sangkutan beliau mohon menghubungi keluarga untuk diselesaikan segera," lanjut Langgo.

"Semoga segala kebaikan yang telah dilakukan beliau bisa menjadi pahala jariyah di akhirat nanti," tambahnya.

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla menyampaikan duka cita atas meninggalnya Farid. Jusuf Kalla menyebut, Farid adalah tokoh perdamaian yang ikut berperan aktif menyelesaikan berbagai konflik di Tanah Air.

“Dokter Farid, seorang tokoh perdamaian yang ikut berperan aktif dalam penyelesaian konflik Poso, Ambon dan Aceh. Jasanya sangat besar kepada negara," ujar JK dalam keterangan tertulisnya.

Almarhum meninggalkan istri, seorang keturunan Uzbekistan yang dinikahinya setelah istri terdahulu meninggal dunia, dan meninggalkan empat orang anak.

Baca Juga: Jokowi Terima Gubernur-Wakil Gubernur Aceh Terpilih

Kiprah Dr Farid Husain

Penandatanganan kesepakatan damai Helsinki antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka. Terlihat Farid Husain berada di belakang Juha Christensen. (Sumber: Wikipedia/Tribunnews)

Dokter yang dikenal malang melintang dalam penyelesaikan konflik (Poso, Ambon, Aceh, Papua) ini lahir di Soppeng, Sulawesi Selatan, 9 Maret 1950.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x