Kompas TV nasional hukum

Dugaan Pungli di TPU Cikadut, Ini Kronologi dan Saran dari Polisi

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 14:35 WIB
dugaan-pungli-di-tpu-cikadut-ini-kronologi-dan-saran-dari-polisi
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

BANDUNG, KOMPAS.TV – Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan persoalan di permakaman khusus Covid-19 di TPU Cikadut nihil unsur pungli.

Berdasarkan hasil pemeriksaan pihak kepolisian, uang senilai Rp2,8 juta digunakan untuk membayar warga setempat yang membantu memikul jenazah pasien Covid-19. Sebab, di hari itu, pasien meninggal Covid-19 mencapai 60-70 orang per hari.

"Karena biasanya ada yang meninggal 3-5 jenazah, tapi selama dua pekan ini per hari bisa mencapai 50 jenazah dan bahkan pada malam kejadian itu ada 60-70 jenazah," kata Ulung dilansir dari Antara, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Pungli Makam Covid-19 di TPU Cikadut Bandung, Pelaku Minta Hingga 4 Juta Rupiah

Ulung juga menjelaskan, kejadian itu bermula saat ahli waris berinisial YT jenazah kerabatnya untuk dimakamkan. Sedangkan, kondisi dan jumlah petugas pemikul di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, saat itu sedang tidak optimal untuk menyegerakan pemakaman tersebut.

Namun, karena ahli waris mendesak, pemikul berinisial R menawarkan untuk melibatkan warga setempat dengan kesepakatan biaya Rp2,8 juta.

Lalu, ada kesepakatan antara YT dengan masyarakat setempat untuk membayar uang sebesar Rp2,8 juta. Namun, setelah kejadian itu, justru media sosial heboh karena diduga ada praktik pungli di TPU Cikadut.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Maaf soal Pungli Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Bandung

"Keesokan harinya viral terjadi pungli di Pemakaman Cikadut dengan meminta uang Rp4 juta, sudah kita konfirmasi tidak ada Rp4 juta tapi Rp2,8 juta, itu pun hasil kesepakatan antara saudara YT dengan masyarakat setempat," jelas Ulung.

Kini, kedua belah pihak memilih berdamai dengan adanya pengembalian uang sebesar Rp2,8 juta.

"Jadi sudah ada pengembalian uang sebanyak Rp2,8 juta, kemudian mereka mau aman dan tidak diramaikan, kedua belah pihak ada kesepakatan untuk damai," pungas Ulung.

Baca Juga: Ketua DPR: Jangan Saling Menyalahkan Selama Tangani Pandemi Covid-19

Atas adanya kejadian itu, Ulung menyampaikan rekomendasi kepada Pemerintah Kota Bandung agar menambah jumlah petugas pemikul di TPU Cikadut karena jumlah jenazah yang cukup banyak untuk dimakamkan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x