Kompas TV nasional peristiwa

Hadiri Forum C40, Anies Sebut Jakarta Telah Selesaikan Rencana Aksi Iklim yang Ambisius

Kompas.tv - 2 November 2021, 15:26 WIB
hadiri-forum-c40-anies-sebut-jakarta-telah-selesaikan-rencana-aksi-iklim-yang-ambisius
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (19/10/2021). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Steering Committee Meeting C40 Cities Climate Leadership Group (C40) secara virtual, Senin (1/11/2021) malam waktu Jakarta. 

Dalam forum tersebut, Anies mengatakan bahwa Jakarta telah menyelesaikan rencana aksi iklim yang ambisius melalui Peraturan Gubernur No. 90 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang Berketahanan Iklim.

Menurutnya, regulasi ini menjadi dasar kuat implementasi aksi iklim yang berkelanjutan untuk ke depannya. 

“Jakarta akhirnya menyelesaikan rencana aksi iklimnya yang ambisius. Melalui penetapan regulasi sebagai dasar yang lebih kuat untuk implementasi aksi iklim sekaligus upaya untuk melaksanakan misi besar C40, untuk mendorong kota-kota di dunia menyelesaikan rencana aksi iklim mereka,” kata Anies dalam siaran persnya, Selasa (2/11/2021). 

Baca Juga: Kebon Pala Terendam Banjir Selama 3 Hari, Anies: Kami Akan Terus Evaluasi

Pada kesempatan tersebut, Anies mendorong kota-kota anggota forum C40 untuk segera menyelesaikan rencana aksi perubahan iklim masing-masing. 

Ia mengatakan, sumbangsih kota-kota anggota C40 sangat penting dalam Konferensi Tingkat Tinggi COP26.

“COP26 adalah platform yang sangat strategis bagi para pemimpin dunia dan kota untuk memastikan bahwa suara kita akan didengar,” kata Anies. 

Ada tiga agenda yang Anies usulkan untuk dibahas oleh jejaring C40 dalam KTT COP26.

Pertama, kata Anies, C40 perlu memimpin dan mendorong upaya kota dalam melakukan aksi iklim ke tingkat nasional, sebagaimana tercermin dalam Nationally Determined Contribution (NDC) masing-masing negara.

Baca Juga: Di COP26 Glasgow, Jokowi Tegaskan Indonesia Tidak Bekerja dengan Retorika

"Kedua, C40 juga akan mendorong untuk mengembangkan arsitektur pendanaan iklim yang mampu membantu kota-kota untuk mengimplementasikan rencana aksi iklim mereka," ujarnya.

"Ketiga, mari kita dorong multi level governance di kota-kota yang mampu mengembangkan kolaborasi lintas sektor, lintas batas, dan lintas generasi. Mari bekerja bersama,” sambung Anies. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x