Kompas TV nasional peristiwa

Dukung Transisi Energi Indonesia, ADB Teken MoU dengan PLN di COP26

Kompas.tv - 2 November 2021, 23:08 WIB
dukung-transisi-energi-indonesia-adb-teken-mou-dengan-pln-di-cop26
MoU ADB dengan PLN ditandatangani oleh Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dan Direktur Jenderal Asia Tenggara ADB Ramesh Subramaniam, disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong. Penandatanganan MoU dilakukan di sela KTT Perubahan Iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021). (Sumber: Rilis ADB)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

GLASGOW, KOMPAS.TV - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Bank Pembangunan Asia (ADB) pada Senin (1/11/2021). MoU itu berisi program dukungan ADB terhadap transisi energi Indonesia.

Penandatanganan MoU ini digelar di tengah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau COP26 di Glasgow, Skotlandia.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini serta Direktur Jenderal ADB untuk Asia Tenggara Ramesh Subramaniam.

“ADB terlibat dalam sektor energi Indonesia selama lebih dari 50 tahun. Kami bangga bekerja sama dengan PLN untuk membantu Indonesia membuat transisi penting dari energi sarat karbon menuju energi bersih,” kata Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed dalam rilis ADB.

Baca Juga: Lewat Konvoi, PLN Kampanyekan Kendaraan Ramah Lingkungan

ADB membuat program Energy Transition Mechanism (ETM) untuk menggantikan pembangkit listrik tenaga batu bara dengan energi baru terbarukan (EBT) di Asia Tenggara.

Selain Indonesia, ADB juga bekerja sama dengan Filipina dan Vietnam.

Indonesia sendiri memasang target pengurangan emisi gas rumah kaca hingga 29 persen per 2030. Per 2060, targetnya, Indonesia menjadi negara bebas emisi karbon.

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut MoU ini sebagai langkah positif menuju transisi energi.

“Kementerian (BUMN) menyambut kolaborasi BUMN dengan berbagai pemangku kepentingan, yang mana menandai langkah pertama transisi tepat dan terjangkau dalam rangka membina rencana pembangunan bebas karbon,” kata Thohir.

ADB mengaku telah menyelesaikan studi pra-kelayakan tentang ETM di Asia Tenggara dan kini bersiap melakukan studi kelayakan penuh.

Baca Juga: Jokowi Hadiri KTT Cop 26 di Glasgow, Bahas Perubahan Iklim Hingga Penanganan Dampak Perubahan Iklim

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x