Kompas TV nasional peristiwa

Kecelakaan di Jalan Tol karena Kepatuhan Pengemudi soal Batas Maksimal Berkendara Masih Rendah

Kompas.tv - 5 November 2021, 18:47 WIB
kecelakaan-di-jalan-tol-karena-kepatuhan-pengemudi-soal-batas-maksimal-berkendara-masih-rendah
Ilustrasi mengemudi di jalan tol. Kecelakaan di jalan tol terjadi karena kepatuhan pengemudi soal batas maksimal berkendara masih rendah. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Insiden kecelakaan di berbagai ruas jalan tol kerap masih terjadi.

Terbaru, kecelakaan yang dialami selebriti Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah alias Bibi di Tol Jombang, Jawa Timur.

Kesimpulan sementara dari olah TKP kecelakaan tunggal yang merenggut nyawa Vanessa dan Bibi ini dikarenakan kurangnya konsentrasi pengemudi dan mobil melaju di atas batas ketentuan jalan tol.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat transportasi Ki Darmaningtyas menyebut, mengantuk memang menjadi penyebab umum kecelakaan di tol.

“Memang kejadian laka lantas di jalan tol umumnya karena driver mengantuk atau lelah. Terlebih kalau jalan malam, mata cepat ngantuk," kata Darmaningtyas dalam keterangannya, Kamis (4/11/2021).

"Maka jalan siang sebetulnya jauh lebih aman karena pandangan kita bisa ke kanan ke kiri sehingga bisa meminimalisir rasa ngantuk. Kalau jalan malam, otomatis pandangan pengemudi terfokus ke depan saja dan itu bikin mudah capek dan ngantuk,” sambungnya. 

Dia juga menilai bahwa kecelakaan yang terjadi bukan hanya karena faktor sopir mengantuk.

Namun dapat dikarenakan kecepatan laju mobil yang kencang, yakni di atas 100 km/jam. Dugaan datang dari hasil kerusakan pada Mitsubishi Pajero Sport yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya tersebut.

“Kalau dilihat dari kerusakan (mobil) mungkin di atas 100 km/jam, soalnya tingkat kerusakan itu berkorelasi dengan tingkat kecepatan," ujarnya.

Baca Juga: Berkaca dari Kecelakaan Vanessa Angel, Polda Jatim Buat 7 Titik Pengendalian Kecepatan di Jalan Tol



Sumber : Kompas TV/NTMC Polri


BERITA LAINNYA



Close Ads x