Kompas TV nasional politik

MUI DKI Jakarta Kembali Tegaskan Cyber Army untuk Melawan Buzzer

Kompas.tv - 21 November 2021, 19:31 WIB
mui-dki-jakarta-kembali-tegaskan-cyber-army-untuk-melawan-buzzer
Ketua MUI DKI Jakarta Munahar Muchtar (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua MUI DKI Jakarta Munahar Muchtar kembali menegaskan pembentukan tim cyber army untuk menangkal berita palsu atau hoaks yang menyasar para ulama dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Mengingat, kata Munahar, di era digital saat ini rentan terjadinya penyebaran informasi hoaks yang dapat memecah belah, terutama umat Islam dan ulama.

"Cyber army bisa menangkal berita hoaks yang bermunculan di media sosial, termasuk melindungi ulama dan gubernur DKI dari serangan cyber," kata Munahar dalam program Kompas Petang, KompasTV, Minggu (21/11/2021).

"Saya kembali mengingatkan di era digital kali ini masyarakat harus berhati-hati jangan sampai menyebarkan hoaks," ujarnya. 

Lebih lanjut Munahar menjelaskan, Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) memiliki orang ahli atau cyber army untuk melawan orang-orang yang menghantam umat Islam. 

Selain itu, dia juga menegaskan bahwa tugas utama MUI adalah Amar Ma'ruf Nahi Mungkar yang kurang lebih berarti perintah untuk mengajak, menganjurkan hal baik dan mencegah hal buruk di masyarakat.

"Tugas MUI adalah ber-Amar Ma'ruf Nahi Munkar, dan Al-Qur'an juga telah menyebutkan ketika ada orang-orang fasik membuat berita-berita yang tidak jelas, maka tugas kita adalah mencari titik temunya, ini berita benar atau tidak," tegasnya.

Baca Juga: Heboh! Muncul Kritik Soal Cyber Army oleh MUI DKI Jakarta

Kalau terdapat berita yang tidak benar, MUI wajib meluruskan sehingga masalah tidak melebar kemana-mana.

Dia juga menyebut, pembentukan cyber army ini juga dalam rangka membantu pemerintah dalam melawan buzzer yang kerap mendiskreditkan umat Islam.

"Intinya membantu pemerintah yang tidak menginginkan adanya berita-berita hoaks. Nah MUI punya tugas ber-Amar Ma'ruf Nahi Munkar, jangan sampai ada fitnah dan sebagainya," jelasnya. 

Ketum MUI DKI soal Dugaan Dana Hibah untuk Cyber Army

Sementara itu, sebelumnya Munahar juga telah menegaskan pembentukan pasukan Cyber Army MUI DKI Jakarta tidak menggunakan dana hibah dari APBD Pemprov DKI

Dia menegaskan anggaran tersebut hanya digunakan untuk membiayai pelaksanaan program kerja serta kegiatan operasional MUI.

"Dana hibah hanya untuk melaksanakan program kerja serta operasional MUI, dari tingkat provinsi, kota, kecamatan, hingga kelurahan," ujarnya.

Dia kemudian berujar bahwa orang yang menghubungkan pembentukan tim siber dengan dana hibah tak paham tentang MUI dan tak mengerti soal tugas  MUI.

Baca Juga: MUI Jakarta Bentuk Tim Cyber Army untuk Bela Anies dan Ulama, Ini Respons Wagub DKI

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x