Kompas TV nasional peristiwa

Soal Cekcok Ibu Arteria Dahlan, Kodam Jaya: Murni Perselisihan antara Dua Warga Sipil

Kompas.tv - 23 November 2021, 13:00 WIB
soal-cekcok-ibu-arteria-dahlan-kodam-jaya-murni-perselisihan-antara-dua-warga-sipil
Ungahan video yang menampilkan rekaman peristiwa ribut-ribut ibunda Arteria Dahlan dengan seorang perempuan di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (21/11/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Instagram)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra angkat bicara terkait cekcok antara ibunda anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan dengan seseorang perempuan yang mengaku keluarga jenderal TNI di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Kata Herwin, hal tersebut murni perselisihan dua warga sipil. Kendati begitu, latar belakang perselisihan masih dalam proses penyelidikan. 

"Kodam Jaya mengklarifikasi terkait berita viral tentang kejadian perselisihan yang terjadi antar penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, adalah murni perselisihan antara dua orang penumpang warga sipil," ujar Herwin, dalam keterangan tertulis, Senin (22/11/2021). 

Baca Juga: Kronologi Ibu Arteria Dahlan Dibentak Anak Jenderal hingga PDIP Minta Diselesaikan dengan Damai

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa juga mengatakan bahwa Mabes TNI akan memberikan sanksi jika memang ada keterlibatan anggota TNI yang melakukan pelanggaran, termasuk proses hukum. 

Video cekcok antara ibunda Arteria dengan seorang perempuan yang mengaku sebagai keluarga anggota TNI di Bandara Soekarno-Hatta pun viral di media sosial. 

Dalam salah satu video, perempuan yang cekcok dengan ibunda Arteria tampak menumpangi mobil dinas TNI saat meninggalkan bandara. 

Arteria pun meminta pihak TNI untuk menelusuri apakah perempuan tersebut berhak menggunakan mobil dinas TNI atau tidak. 

"Apakah perempuan itu anggota TNI bukan, apa hubungannya perempuan itu dengan anggota TNI. Kalau dia anggota TNI apa benar itu mobil dia, kalau bukan TNI lagi, ya itu bukan mobil dia," kata Arteria di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Soal Pertikaian Arteria Dahlan, Mabes TNI akan Telusuri Dugaan Pelanggaran Anggotanya

Diduga Gunakan Kendaraan Kodam Jayakarta

Diberitakan sebelumnya, Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengungkapkan, mobil yang digunakan perempuan yang cekcok dengan ibunda anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan merupakan mobil dinas milik Kodam Jayakarta. 

Berdasarkan hasil penelusurannya, Hasanuddin menyebut mobil militer dengan nomor 75194-03 itu digunakan oleh seorang brigjen TNI yang telah pindah tugas ke Badan Intelijen Negara (BIN). 

"Kendaraan tersebut digunakan oleh brigjen TNI yang kini telah pindah tugas ke BIN. Saat ini kasusnya sedang diinvestigasi oleh pejabat berwenang dalam hal ini Polisi Militer," kata Hasanuddin dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11). 

Politikus PDIP itu juga menyebutkan, saat cekcok terjadi, perempuan tersebut sedang bersama seorang pria berpangkat brigjen. 

"Dari informasi yang kami dapat, ternyata perempuan itu bersama pria berpangkat Brigjen. Terkait hubungan keduanya masih kami telusuri," ujar dia. 

Pria yang merupakan mantan perwira tinggi TNI AD ini berharap agar cekcok antara ibunda Arteria dan perempuan tersebut tidak berkepanjangan dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Baca Juga: Kronologi Ibu Arteria Dahlan Dibentak Anak Jenderal hingga PDIP Minta Diselesaikan dengan Damai



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x