Kompas TV nasional hukum

Netizen Sebut Seragam Satpam Berubah Lagi Mirip Polisi India, Ketum APSI: Mirip Bisa, Tapi Tak Sama

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 20:39 WIB
netizen-sebut-seragam-satpam-berubah-lagi-mirip-polisi-india-ketum-apsi-mirip-bisa-tapi-tak-sama
Personel Satuan Pengamanan (Satpam) dengan seragam barunya berbaris pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022). Ini alasan seragam satpam diubah jadi krem. (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) sudah diganti lagi dari sebelumnya warna cokelat muda ke warna krem.

Hal ini merespon adanya kebingungan di tengah masyarakat karena seragam Satpam berwarna  cokelat mempunyai warna yang hampir sama dengan seragam Kepolisian.

Ketua Umum Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Azis Said menyampaikan, penggantian seragam satpam ke warna krem tersebut agar baik satpam sebagai korps maupun polisi mempunyai identitas sendiri-sendiri.

“Kita punya komitmen bahwa penggantian itu punya misi yang terbaik untuk profesi satpam.  Dari awal tujuannya memuliakan profesi satpam,” ujarnya dalam Acara Kompas Petang KOMPAS. TV, Rabu (2/2/2022).

Diketahui, pergantian seragam Satpam sebelumnya diatur berdasarkan Peraturan Kepala Polri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa, warna seragam Satpam diganti menjadi cokelat muda. Nantinya, APSI juga akan tetap terlibat dalam perpol baru yang dipakai sebagai  landasan seragam baru.

Dari gonta-ganti warna seragam Satpam ini, menimbulkan berbagai tanggapan dari masyarakat. Dari yang sebelumnya cokelat kemudian ke krem ini. Beberapa menyebut seragam warna krem ini mirip dengan seragam kepolisian India.

"Ya itu bisa saja mirip, tapi kalo sama, tentu saja tidak," ucapnya.

Baca Juga: Dipelopori Kapolri, Begini Awal Mula Terbentuknya Satpam di Indonesia

Azis pun mengungkapkan, seragam cokelat yang dipakai saat ini adalah gradasi 20 persen di bawah warna cokelat seragam polri. Tetapi, di lapangan ternyata susah untuk dibedakan.

“Ya sudah akhirnya diganti lagi agar masyarakat tidak bingung,” ungkapnya.

Antara Satpam tradisional dengan modern

Jauh sebelum itu, Azis menerangkan, usulan perbedaan seragam ini juga ditujukan bagi satpam tradisional atau lingkungan dengan satpam modern atau industri.

Satpam industri mempunyai perekrutan dan pelatihan yang cukup ketat dibanding satpam tradisional yang persyaratan relatif lebih mudah.

Akhirnya, dari Perpol Nomor 4 2020 tersebut pula, betul-betul dibedakan antara satpam dengan satkamling.

“Ini harus diketahui. Satpam yang dikelola warga tidak bisa memakai nama satpamn lagi melainkan disebut Satkamling. Seragamnya tetap lama atau atasan biru muda dan celana biru tua,” terangnya.

Baca Juga: APSI: Tak Mirip Seragam Polisi India, Seragam Satpam Berwarna Krem Kresla

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x