Kompas TV nasional update corona

Wamenkes Sebut Penularan Omicron Lebih Cepat Ketimbang Kemampuan Tracing Pemerintah

Kompas.tv - 5 Februari 2022, 20:55 WIB
wamenkes-sebut-penularan-omicron-lebih-cepat-ketimbang-kemampuan-tracing-pemerintah
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono memberikan keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi COVID-19 yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (24/05/2021). (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Angka kasus Covid-19 di Indonesia melonjak drastis dalam satu pekan terakhir. Tercatat, penambahan kasus di Indonesia per 4 Februari mencapai 32.111 kasus.

Berkaca pada penularan Omicron di negara lain, angka kasus Omicron bisa meningkat tiga sampai enam kali jika dibandingkan dengan puncak kenaikan kasus varian Delta.

Menurut Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Omicron yang lebih mudah menular sudah diprediksi sejak awal. Peningkatan kasus yang mencapai lebih dari 100 persen pun sudah diprediksi.

“Saat ini belum puncaknya,” ujar Dante, Sabtu (5/2/2022).

Baca Juga: Kapolri, Menko PMK dan Wamenkes Tinjau Langsung Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Mangga Dua

Ia juga tidak menampik penularan Omicron yang sangat cepat tidak sebanding dengan kemampuan atau kapasitas tracing. Oleh karena itu, pemerintah saat ini memprioritaskan untuk mengoptimalkan penanganan isolasi pasien Covid-19.

Dante menilai, pemahaman karakteristik Omicron lebih penting, terlebih keterisian tempat tidur di rumah sakit relatif rendah jika dibandingkan dengan jumlah kasus Omicron.

“Rumah sakit diisi kasus ringan dan orang tanpa gejala, tidak sebesar kasus Delta, jadi yang penting sosialisasi dan protokol kesehatan,” ucapnya.

Baca Juga: Keluarga Mulan Bisa Isolasi Mandiri, Wamenkes: Semua Masuk Karantina yang Ditentukan, Bukan di Rumah

Dante juga menekankan pentingnya rumah sakit memperhatikan kondisi tenaga kesehatan sehingga tidak tertular pasien Covid-19.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x