Kompas TV nasional politik

Cerita Jusuf Kalla soal Pembangunan PLTA Poso dan Malea: Andalkan Orang Sukabumi Lulusan STM

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 13:44 WIB
cerita-jusuf-kalla-soal-pembangunan-plta-poso-dan-malea-andalkan-orang-sukabumi-lulusan-stm
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI sekaligus pendiri Kalla Group, Jusuf Kalla memberi sambutan di acara peresmian PLTA Poso dan PLTA Malea, Jumat (25/2/2022). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendiri Kalla Group Jusuf Kalla (JK) menceritakan mengenai proses pengerjaan yang tersulit dalam membangun PLTA Poso dan Malea.

Dua PLTA ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (25/2/2022).

PLTA Poso yang bisa menghasilkan energi listrik hingga 515 Mega Watt (MW) dibangun di Poso, Sulawesi Tengah, sedangkan PLTA Malea 90 MW dan berdiri di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Jokowi Resmikan PLTA Poso dan Malea Energy Milik Keluarga Jusuf Kalla

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI itu menyatakan, proses tersulit dalam dua proyek PLTA tersebut adalah saat memasang turbin.

Menurutnya, pemasangan turbin PLTA berbobot 80 ton itu harus benar-benar presisi dan tidak bisa berkurang meski satu mili pun, sehingga dibutuhkan orang yang ahli.

JK menjelaskan, beberapa kali Kalla Group sempat mencoba menggandeng sejumlah kontraktor untuk ikut andil dalam pemasangan turbin pembangkit listrik untuk PLTA Poso dan Malea.

Sayangnya, kontraktor yang coba digandeng Kalla Group tak bisa memasang turbin. JK mengaku, hal tersebut sempat membuat dirinya putus asa.

Baca Juga: Jusuf Kalla Yakin IKN Nusantara Berdampak Baik untuk Otonomi Daerah

Namun, rasa putus asa hilang setelah tim dari Kalla Group bertemu dengan tim dari Sukabumi. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x