Kompas TV nasional jalan - jalan

Inilah Masjid Tertua di Jakarta, Usianya 495 Tahun

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 14:31 WIB
inilah-masjid-tertua-di-jakarta-usianya-495-tahun
Pintu masjid Al Alam Cilincing di Jakarta Utara, masjid yang dianggap masjid tertua di Jakarta (Sumber: Dokumen Pribadi Ashadi dalam buku Akulturasi Arsitektur Masjid Tertua di jakarta )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jika Anda jalan-jalan ke Wilayah Utara Jakarta, sempatkanlah singgah di masjid Al Alam Cilincing, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta. Masjid ini merupakan masjid tertua di Jakarta, umurnya mendekati 495 tahun.

Masjid Al Alam Cilincing ini menjadi bukti bersejarah Islam di tanah Betawi.Lokasinya berada di RT RW 02/04 Cilincing, Jakarta Utara, dan berada dekat sungai yang airnya hitam dan sepertinya sungai ini tempat bergantung para nelayan pencari ikan.

Dikutip dari buku Akulturasi Arsitektur Masjid-masjid Tua di Jakarta karya Ashadi (UMJ Press 2018) masjid ini dianggap menjadi masjid tertua di jakarta dan masih berdiri hingga kini.

“Jalan yang mengarahkan ke lokasi masjid berada di tepi sungai ini, berukuran lebar sekitar 5-6 meter, sehingga relatif sulit dilewati kendaraan mobil, belum lagi beberapa kendaraan motor diparkir di pinggir jalan,” tulis Ashadi dalam buku tersebut.

Tidak jauh dari lokasi masjid tersebut, terdapat tempat Pelelangan Ikan Kampung Nelayan Cilincing.

Baca Juga: Sosok Habib Ali Kwitang, Ulama Berpengaruh di Tanah Betawi

Masjid Al Alam Cilincing, Masjid Tertua di Jakarta

Ashadi lantas mengutip sejarawan Adolf Heuken Sj dalam buku Masjid-masjid Tua di Jakarta (2003). Ia meragukan pendapat sejarawan itu yang mengatakan tidak ada masjid di Jakarta sebelum abad ke-17.

Heukeun menyebut, masjid Al-Anshor di Jl Pengukiran II, Pekojan, Jakarta Barat, sebagai masjid tertua di Jakarta dan dibangun oleh orang Moor. Moor adalah istilah pedagang Islam dari Koja (India).

Menurutnya, Masjid Al-Alam di Cilincing ini bisa dikatakan yang tertua. Bukan masjid tersebut. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x