Kompas TV nasional peristiwa

MotoGP Indonesia 2022 Usai, Menhub Prediksi Malam Ini Puncak Penonton Keluar Lombok

Kompas.tv - 20 Maret 2022, 16:52 WIB
motogp-indonesia-2022-usai-menhub-prediksi-malam-ini-puncak-penonton-keluar-lombok
Penampakan Bandara Internasional Lombok saat menyambut gelaran MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi, lonjakan penumpang di Bandara Internasional Lombok bakal terjadi pada malam ini, Minggu (20/3/2022), seusai perhelatan MotoGP. (Sumber: Antara/Akhyar)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

LOMBOK, KOMPAS.TV - Selepas perhelatan MotoGP Indonesia 2022, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi, puncak arus balik pengunjung Pulau Lombok, NTB, bakal terjadi malam ini, Minggu (20/3/2022).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun mengatakan, pihaknya telah menyiapkan upaya antisipasi lonjakan pergerakan orang yang keluar dari Lombok nanti.

"Nanti malam kemungkinan akan terjadi puncak pergerakan penumpang, penonton MotoGP, yang keluar dari Lombok," kata Budi usai mengecek Bandara Internasional Lombok, Minggu.

"(Oleh sebab itu) kami telah berkoordinasi dengan para stakeholder dan operator untuk mengantisipasinya," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Akan Serahkan Piala Kepada Para Juara MotoGP Mandalika

Salah satunya, yakni berkoordinasi dengan pengelola bandara serta maskapai penerbangan supaya mempersiapkan tiket go show atau yang dapat dibeli langsung pada hari keberangkatan itu juga.

"Memang sudah ada pesawat berbadan besar jenis Boeing 777 dari Garuda (Indonesia), tetapi itu saja tidak cukup," jelas Budi.

"Untuk itu, kami mempersiapkan tiket go show untuk rute Lombok-Bali, karena di Mandalika hotel terbatas. Jadi, penonton yang mau menginap di Bali bisa memanfaatkan tiket go show tersebut," tambahnya.

Menurut pengamatan sejak Jumat (18/3/2022) kemarin, jumlah pendatang di Mandlika terus menunjukan peningkatan hingga Minggu pagi tadi.

Baca Juga: Ini Dia Para Penjinak Drone Liar di Area MotoGP Mandalika, Gunakan Radar hingga Pengacak Sinyal

Oleh sebab itu, secara terperinci, Kemenhub telah menyiapkan tiga upaya antisipasi melonjaknya jumlah penumpang dari dan ke Mandalika hari ini.

Ketiga upaya itu meliputi skema penerbangan extra flight, charter flight, dan positioning flight dengan total kapasitas mencapai 29.300 kursi dan 168 flight.

Dari 168 flight itu, 135 di antaranya merupakan extra flight dengan kapasitas lebih dari 25.000 kursi.

Rincinya yaitu 19.000 kursi untuk rute Jakarta-Lombok, 2.718 kursi Denpasar-Lombok, dan 3.834 kursi Surabaya-Lombok.

Kemudian, ada pula 22 charter flight yang berkapasitas sekitar 3.500 kursi dengan rincian, Jakarta-Lombok 12 flight 2.023 kursi, Denpasar-Lombok delapan flight 1.116 kursi, dan Surabaya-Lombok dua flight 360 kursi.

Sisanya, sebanyak 11 pesawat untuk positioning flight yang siap bersiaga selama tiga hari pelaksanaan MotoGP Indonesia 2022 dengan rute Cengkareng-Lombok enam flight, Denpasar-Lombok tiga flight, dan Surabaya-Lombok dua flight.

Tak lupa, Kemenhub juga telah menyiapkan sarana transportasi laut baik melalui kapal penumpang maupun kapal ro-ro menuju ke sejumlah daerah seperti Bali, Surabaya, dan sekitarnya.



Sumber : Kemenhub



BERITA LAINNYA



Close Ads x