Kompas TV nasional peristiwa

Jelang Demo BEM SI Hari Ini, Berikut Pantauan Lalu Lintas Jalan Gatot Subroto dan S. Parman

Kompas.tv - 11 April 2022, 12:16 WIB
jelang-demo-bem-si-hari-ini-berikut-pantauan-lalu-lintas-jalan-gatot-subroto-dan-s-parman
Lalu lintas Jalan Gatot Subroto, Tepatnya di Kuningan Barat menuju Semanggi, DPR, Slipi dan Tanah Abang normal lancar. (Sumber: Kompas TV/Baitur Rohman)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS. TV - Hari ini, Senin 11/4/2022) Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi unjuk rasa.

Berdasarkan informasi dari akun Resmi BEM SI, aksi ini akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. Massa akan berkumpul di gedung DPR RI.

Pantauan Kompas TV, sampai pukul 12.00 WIB, gedung DPR tampak sepi dan normal. Belum terlihat ada masaa berkumpul maupun pengamanan khusus dari aparat kepolisian yang berjaga.

Sementara itu, sejumlah jalur lalu lintas menuju gedung DPR juga normal dan lancar.

Adapun jalan tersebut yakni, sepanjang jalan Gatot Subroto dari Pancoran ke Slipi Petamburan.

Kemudian, sepanjang Jalan Letjen S. Parman dari Grogol ke Slipi Petamburan. Begitu pula ke arah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca juga: Tak Jadi Geruduk Istana, BEM SI Pindah Lokasi Demo 11 April ke Gedung DPR, Ini Alasannya

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan akan memberlakukan rekayasa lalu lintas dan menutup sejumlah jalan.

"Jalan Medan Merdeka Barat akan ditutup pukul 08.30 WIB karena akan dipasang pagar kawat dan juga water barrier di kedua arah," kata Sambodo, Senin (11/4/2022).

Sambodo menjelaskan arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan, Budi Kemuliaan dan juga Harmoni. Sementara arah ke Istana Negara akan ditutup.

Tak hanya di kawasan Istana Negara, arus lalu lintas di kawasan gedung DPR/MPR RI juga akan direkayasa namun menyesuaikan situasi.

Sambodo mengatakan, apabila massa cukup banyak maka arus akan ditutup di bawah Jembatan Layang dan akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda.

Baca juga: Kapolri Sebut Bakal Tindak Tegas Pihak yang Tunggangi Demo Mahasiswa 11 April

Sementara, Koordinator Media BEM SI Luthfi Yusfrizal mengatakan lokasi bergeser dari Istana Merdeka ke Gedung DPR/MPR.

Menurut Luthfi, alasan pemindahan lokasi unjuk rasa karena ingin memastikan DPR melaksanakan konstitusi dengan baik.

Sedangkan Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Kaharuddin membenarkan lokasi demo dipindah ke Gedung DPR RI. Tujuannya adalah untuk menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait dengan berbagai permasalahan yang ada.

Terlebih, isu penundaan pemilu seringkali terdengar di telinga rakyat beberapa waktu terakhir.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x