Kompas TV nasional peristiwa

Menhub Turun Tangan Tinjau Dermaga Tambahan Buat Urai Penumpukan Kendaraan Pemudik di Merak

Kompas.tv - 30 April 2022, 15:44 WIB
menhub-turun-tangan-tinjau-dermaga-tambahan-buat-urai-penumpukan-kendaraan-pemudik-di-merak
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (Sumber: Tangkap Layar Kompas Tv)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turun tangan untuk mengatasi penumpukan kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak, Banten. 

Untuk mengurai volume kendaraan pemudik yang ingin menyeberang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka dua dermaga yakni Dermaga Ciwandan, Banten dan Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Menhub meninjau langsung kesiapan dua pelabuhan milik Pelindo tersebut yang digunakan sebagai dermaga tambahan untuk mengurai antrean yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Baca Juga: Urai Kepadatan Kendaraan Masuk Kapal di Merak, Menhub Minta Terapkan "First In First Out"

Menurut Menhub, pihaknya bakal mengoperasikan sembilan kapal penyeberangan dari dermaga Ciwandan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. 

"Kami akan siapkan sembilan kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini," ujar Menhub dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/4/2022).

Budi menambahkan, Pelabuhan Indah Kiat sudah dioperasikan sejak Jumat (29/4/2022). Di pelabuhan ini disediakan dua kapal penyeberangan yaitu kapal KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I. 

Budi juga mengimbau masyarakat untuk menunda rencana menyeberang di Merak malam nanti.

Baca Juga: Antrean Panjang Masuk Pelabuhan Merak, Pemudik Harus Menunggu Giliran Masuk Kapal

Hal itu dikarenakan pelabuhan Merak diperkirakan akan menjadi semakin padat lantaran banyaknya pengemudi yang menunggu waktu penyeberangan pada malam hari. 

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat di Pelabuhan Merak. Kami terus   berupaya ini bisa diatasi kurang dari 12 jam," ujar Menhub. 

Berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry, jumlah lonjakan penumpang di Pelabuhan Penyeberang Merak pada tahun ini lebih tinggi sekitar 40 persen dibandingkan dengan mudik tahun 2019 sebelum pandemi.

Baca Juga: Pemudik Roda Empat di Pelabuhan Telaga Punggur Gelar Aksi Protes, 3 Hari Antre Tak Diberangkatkan

Pada Jumat (29/4/2022), tercatat sebanyak 32 ribu kendaraan dalam sehari berangkat melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Jumlah ini lebih besar ketimbang puncak mudik tahun 2019 yang hanya mencapai sekitar 20 ribu kendaraan per hari.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x