Kompas TV nasional update

Rangkuman Pencarian Eril, Putra Ridwan Kamil sejak Hari Pertama hingga Ketigabelas

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 00:56 WIB
rangkuman-pencarian-eril-putra-ridwan-kamil-sejak-hari-pertama-hingga-ketigabelas
Ridwan Kamil dan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. (Sumber: Tribunnews.com/Instagram emmerilkahn)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hingga Rabu (8/6/2022) kemarin, pencarian Emmeril Khan Mumtadz, anak sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah memasuki hari ketiga belas.

Eril, sapaan akrab Emmeril hanyut di Sungai Aare, di Kota Bern, Swiss pada Kamis (26/5) siang waktu setempat.

Saat itu, keluarga Ridwan Kamil berada di Swiss untuk mencari sekolah bagi Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2.

Saat peristiwa terjadi, Ridwan kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Diberitakan Kompas TV, Jumat (27/5), Humas Polisi Bern Patrick Jean menyebutkan dua alasan sulitnya mencari orang hilang atau tenggelam di sungai terpanjang di Swiss itu.

Pertama, air Sungai Aare sedang keruh karena lelehan salju.

Kedua, pencarian hanya bisa dilakukan dengan perahu dan berjalan kaki karena banyak pohon di sekitar Aare, sehingga tidak memungkinkan mencari memakai helikopter.

Baca Juga: Ridwan Kamil Menduga Eril Kram saat Berenang di Sungai Aree

Sehari kemudian, Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad dalam konferensi persnya, Sabtu (28/5) menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian di Swiss.

Pihak kepolisian Swiss menyebut mereka sudah melakukan tindakan pencarian darurat sepanjang rute berenang dan area sekitarnya sekitar pukul 10 pagi waktu Swiss sesaat setelah kejadian.

Pencarian masih akan dilanjutkan oleh Tim SAR. Mereka menyebut pencarian Eril merupakan prioritas mereka saat ini.

“Pada hari ini, Sabtu (28/5) Tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril,” jelas Hadad dalam Breaking News Kompas TV, Sabtu.

“Untuk pencarian pagi ini lebih intensiif, yaitu menggunakan perahu atau boat, drone, dan melakukan penyelaman disesuaikan dengan situasi.”

Pada Kamis (2/6), Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan bahwa Interpol telah menerbitkan atau merilis Yellow Notice dalam upaya pencarian Erildi Sungai Aare, Swiss.

"Ya betul, Interpol sudah merilis Yellow Notice Eril," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Kamis (2/6).

Dengan penerbitan Yellow Notice tersebut, kata dia, seluruh negara yang menjadi anggota Interpol telah menerima informasi kehilangan Emmeril.

Ia menambahkan, langkah penerbitan Yellow Notice yang diajukan oleh pihaknya ini merupakan langkah pro-aktif dari Polri untuk ikut membantu pencarian putra dari Ridwal Kamil tersebut.

"Polri berkerja sama dengan Interpol, kepolisian Swiss dan KBRI setempat terus memantau secara aktif perkembangan di lapangan," ucapnya.

Sebelumnya, Interpol menerbitkan Yellow Notice Emmeril Kahn Mumtadz pada 1 Juni 2022, dengan status sebagai orang hilang. Eril dilaporkan hilang setelah terseret arus di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5) pukul 11.24 waktu setempat.

Diberitakan Kompas TV, Jumat (3/6), Ridwan Kamil mengumandangkan azan di tepi sungai Aare, sebelum pulang ke Indonesia di tengah pencarian sang anak, Eril.

Video tersebut viral di media sosial, termasuk video saat Ridwan Kamil susuri tepi sungai Aare.

Dalam sebuah video, nampak Ridwan Kamil dengan sebuah tongkat susuri tepi sungai untuk mencari Eril. Hal tersebut dilakukan Ridwan Kamil sebelum akhirnya ia dan keluarga pulang ke Indonesia.

Sementara itu, Pihak keluarga menyebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah ikhlas dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril meninggal dunia. Hal tersebut disampaikan oleh kakak kandung Ridwan Kamil di Bandung.

"Kang Emil dan Teh Lia sudah meyampaikan bahwa mereka ikhlas dan meuakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz yang kita kenal sebagai Eril sudah wafat berpulang ke rahmatullah," ucap Erwin Muniruzaman.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x