Kompas TV nasional update

Gelombang Tinggi Capai 6 Meter Berpotensi Terjadi di Tiga Perairan Indonesia Hari Ini, Mana Saja?

Kompas.tv - 24 Juli 2022, 07:12 WIB
gelombang-tinggi-capai-6-meter-berpotensi-terjadi-di-tiga-perairan-indonesia-hari-ini-mana-saja
Ilustrasi gelombang tinggi yang terjadi di tiga perairan hingga ketinggian 6 meter seperti diprakirakakan BMKG pada hari ini, Minggu (24/7/2022). (Sumber: pixabay.com/Fotoworkshop4You)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga serta wisatawan untuk waspada terhadap gelombang tinggi yang terjadi di tiga perairan Indonesia hari ini, Minggu (24/7/2022).

Melansir laman resmi BMKG, maritim.bmkg.go.id, gelombang tinggi diprediksi mencapai 6 meter akan terjadi di Perairan Barat Pulau Enggano, Samudra Hindia Barat Sumatera, dan Samudra Hindia Selatan Banten-Jawa Tengah.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," bunyi peringatan BMKG dalam keterangan tertulis, Minggu (24/7).

Sementara itu, BMKG juga menerangkan soal pola angin di wilayah Indonesia yang sedang tinggi.

Di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 7 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Bali, Cek di Sini!

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudra Hindia Barat Sumatera, Perairan Selatan Lampung, Selat Sunda, Perairan selatan Banten dan Jawa Barat, Laut Jawa dan Laut Banda," terang BMKG.

Ia mengimbau, pengguna moda transportasi laut untuk memperhatikan peringatan gelombang tinggi dan kecepatan angin terhadap keselamatan pelayaran.


Untuk diketahui, Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

Lalu, Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Pihaknya juga menyebut peringatan dini gelombang tinggi ini merupakan informasi prakiraan gelombang untuk dua hari ke depan sejak dikeluarkan.

Adapun, informasi ini akan diperbaharui setiap ada perubahan dan sebelum masa berlakunya habis.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi di Selatan Banten



Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x