Kompas TV nasional politik

Istana Batu Tulis, Pertemuan Megawati-Jokowi dan Jejak Kekecewaan Kubu Prabowo

Kompas.tv - 10 Oktober 2022, 19:38 WIB
istana-batu-tulis-pertemuan-megawati-jokowi-dan-jejak-kekecewaan-kubu-prabowo
Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bertemu di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (8/10/2022). (Sumber: Kompas.Com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Istana Batu Tulis di Kota Bogor, Jawa Barat, kembali menjadi saksi petemuan politik para elite partai.

Pada Sabtu (8/10/2022) lalu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Batu Tulis. 

Tak banyak diungkap dari pertemuan tertutup itu. Hanya dikabarkan dalam pertemuan itu dibahas langkah-langkah penting dalam menghadapi krisis ekonomi dunia dan pangan. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto menuturkan, Megawati memang sangat menaruh perhatian pada krisis ekonomi dan pangan.

"Dan beliau membagi pengalaman lengkap menuntaskan krisis multidimensional. Saat itu seluruh jajaran Kabinet Gotong Royong benar-benar fokus dan terpimpin sehingga pada tahun 2004 Indonesia bisa keluar dari krisis," kata Hasto.

Dalam perjalanan politik di Indonesia, Istana Batu Tulis menyimpan kenangan pahit bagi Prabowo Subianto dan partai yang dipimpinnya, Gerindra.

Baca Juga: Kata Pengamat Soal Makna di Balik Pertemuan Jokowi dan Megawati di Batutulis

Di tempat inilah, pada 16 Mei 2009, Prabowo dan Megawati membuat kesepakatan.

Dalam kesepakatan berisi 7 butir yang salah satunya menyebutkan bahwa Megawati Soekarnoputri sebagai calon presiden dan Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden.

Namun, dalam Pilpres 2009, pasangan ini kalah dari Susilo Bambang Yudhoyono.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x