Kompas TV nasional hukum

Mantan Hakim Asep: Saya Yakin Hakim Kabulkan Richard Eliezer sebagai Justice Collaborator

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 17:01 WIB
mantan-hakim-asep-saya-yakin-hakim-kabulkan-richard-eliezer-sebagai-justice-collaborator
Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan meyakini, hakim mengabulkan penetapan terdakwa Richard Eliezer sebagai justice collaborator. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Hukum Pidana sekaligus mantan hakim Asep Iwan Iriawan yakin hakim mengabulkan penetapan terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu sebagai justice collaborator.

Pernyataan itu disampaikan oleh pakar Hukum Pidana Asep Iwan Iriawan dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Jumat (6/1/2023).

“Karena ini pemeriksaan sudah selesai, LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, -red) tidak mencabut, saya yakin, yakin seyakin-yakinnya, pasti hakim akan mengabulkan (Eliezer) sebagai justice collaborator,” ucap Asep Iwan Iriawan.

Namun, lanjut Asep, untuk menghapus atau memperingan hukuman terdakwa Richard Eliezer, kembali lagi kepada sikap hakim.

“Kalau saya jelas sejak awal, sebagai pengamat dan yang pernah berpengalaman praktik sebagai hakim, pasti harus saya hapus tindak pidananya, karena dasarnya ada,” ujar Asep.

Terlepas dari soal status justice collaborator untuk Richard Eliezer, Asep menilai kasus ini menjadi pembelajaran yang baik.

Baca Juga: Arif Bongkar Strategi Ferdy Sambo Selamatkan Hendra Kurniawan: Dia Minta Ikuti Kronologi BAP-nya

“Saya berharap kelak, bahwa ada orang-orang kecil yang karena relasi kuasa, karena terpaksa, karena tekanan, untuk berani bersikap seperti Eliezer,” kata Asep.

Sebelumnya, Kamis (5/1) kemarin, Hakim Wahyu Iman Santoso mengatakan, penetapan Richard Eliezer Pudihang Lumiu sebagai justice collaborator akan dipertimbangkan satu kesatuan dalam putusan hukum.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x