Kompas TV nasional hukum

Turuti Rekomendasi LPSK, Richard Eliezer Batal Dibui di Lapas Salemba, Balik ke Rutan Mabes Polri

Kompas.tv - 28 Februari 2023, 02:29 WIB
turuti-rekomendasi-lpsk-richard-eliezer-batal-dibui-di-lapas-salemba-balik-ke-rutan-mabes-polri
Richard Eliezer alias Bharada E menahan tangis saat mendengar putusan majelis hakim yang memvonis 1,5 tahun penjara, Rabu (15/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bharada E tak jadi ditahan di Lembaga Permasyarakatan (lapas) Kelas IIA Salemba, Jakarta Pusat.

Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham Rika Aprianti menyebut Richard Eliezer kembali ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan keamanan.

"Berdasarkan rekomendasi LPSK dengan pertimbangan keamanan, Richard Eliezer selanjutnya menjalankan pidana di Rutan Bareskrim, dengan pertimbangan keamanan," kata Rika kepada wartawan di Lapas Salemba, Jakarta, Senin (27/2/2023), dikutip dari Tribun News.

Rika mengatakan pemindahan kembali Bharada E ke Rutan Bareskrim Polri ini berdasarkan rekomendasi LPSK.

Kata Rika, Ditjen PAS Kemenkumham sejatinya sudah siap menempatkan mantan anak buah Ferdy Sambo tersebut di Lapas Salemba.

"Pada prinsipnya kami siap untuk penempatan Bharada Richard Eliezer di Lapas Salemba, tapi kami juga menghormati rekomendasi LPSK yang sudah mengajukan ke Dirjen PAS dan disposisi Kakanwil Kemenkumham DKI, sehingga pada hari ini keputusannya penempatan Richard Eliezer selanjutnya di rutan Bareskrim dengan pertimbangan keamanannya," ucapnya.

Baca Juga: Ditjen Pemasyarakatan: Penempatan Bharada E di Lapas Salemba Pertimbangkan Sejumlah Faktor

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) secara mengejutkan membatalkan rekomendasi eksekusi Bharada Richard Eliezer di Lapas Salemba.

LPSK mengeluarkan rekomendasi baru untuk menempatkan Eliezer kembali ke Rutan Mabes Polri.

Menurut LPSK, keselamatan Bharada E harus dijaga. Jika berada di Rutan Mabes Polri keadaan Richard Eliezer bisa dipantau.

"Pertimbangannya soal keamanan. Kami mempertimbangkan keselamatan Richard Eliezer, karena di lapas lebih banyak orang (warga binaan), sehingga potensi keselamatan dia harus kita jaga. Sedangkan di Rutan Bareskrim lebih sedikit orang, jadi bisa kita pantau keselamatannya," kata Wakil Ketua LPSK Susilaningtias, Senin (27/2/2023), dikutip dari Antara.

"Selain itu, dengan di Rutan Bareskrim juga mendekatkan Richard dengan Korps Polri untuk persiapan bertugas kembali," tambahnya.

Baca Juga: Demi Keselamatan, LPSK Rekomendasikan Bharada E di Pindah ke Rutan Mabes Polri


 



Sumber : Tribunnews/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x