Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi Kasus Getok Harga RM Hadea di Rest Area Km 86A Tol Cipali yang Diviralkan Politikus PSI

Kompas.tv - 25 April 2023, 17:42 WIB
kronologi-kasus-getok-harga-rm-hadea-di-rest-area-km-86a-tol-cipali-yang-diviralkan-politikus-psi
RM Hadea di Rest Area Km 86A Tol Cipali yang viral karena karyawannya jual harga lebih mahal kepada Jubir PSI Sigit Widodo, Sabtu (22/4/2023). (Sumber: Twitter @noirellise)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kronologi kasus getok harga RM Hadea berawal dari unggahan Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sigit Widodo, yang menceritakan pengalamannya makan di di Rest Area Km 86A Tol Cipali pada Sabtu (22/4/2023).

Saat mudik dari BSD Tangerang Selatan, Banten, ke Purwokerto, Jawa Tengah, melalui Tol Cipali, Sigit beristirahat dan menyantap makan malam di rest area Km 86A.

Melalui media sosial Twitter @sigitwid, Sigit bercerita bahwa ia makan dua porsi nasi ayam dan teh kemasan di RM Hadea. Ia menyebut sang penjual "ngotot" untuk dibayar setelah makan.

Usai makan malam bersama keluarganya, Sigit diminta membayar sebanyak Rp155 ribu. 

"Buat yang sedang istirahat di rest area 86A Cipali dan ingin ngirit, saya sarankan jangan makan di sini," tulis Sigit, Sabtu (22/4/2023).

"Tapi kalau sedang mau beramal saat lebaran, ya boleh aja," imbuhnya.

Ia pun menyertakan foto kios RM Hadea dalam unggahannya tersebut.

Sontak, banyak warganet yang menyayangkan tindakan kios makan tersebut karena dinilai mematok harga tinggi karena memanfaatkan momen mudik Lebaran 2023.

Baca Juga: Usai Viral Dituding Getok Harga Nasi Ayam, RM Hadea Cipali Buka Kembali, Politikus PSI Minta Maaf

Salah satu warganet, Bayu Sanjaya, memberikan informasi bahwa Astra Tol Cipali selaku pengelola Rest Area telah memberikan daftar harga menu tenant yang ada di areanya. 

Sigit pun menyebut, berdasarkan harga di daftar menu tersebut, makanan yang ia santap bersama keluarga mestinya dihargai Rp116 ribu tanpa PPN 11 persen.

"Tapi pemiliknya sudah berjanji akan melakukan pembenahan, jadi kita dukung saja dan tidak perlu diserang lagi," tulis Sigit, Minggu (23/4).

Atas unggahan Sigit, pihak RM Hadea pun menyampaikan permintaan maaf kepada Sigit melalui Twitter.

Pihak RM Hadea yang diwakili oleh Devi Nur pada Minggu (23/4) menyebut bahwa karyawannya lalai.

"Saya & keluarga atas nama RM Hadea memohon maaf atas kelalaian karyawan kami saat bertransaksi dengan Bapak @sigitwid, dan saya sudah berkomunikasi dengan Bpk @sigitwid melalui DM pribadi di Instagram, dan meminta izin untuk merefund selisih nilai kepada Bpk @sigitwid," tulis Devi melalui akun @devinur098.

RM Hadea disanksi penutupan seminggu

Pihak Astra Tol Cipali pun menjatuhkan sanksi penutupan RM Hadea selama satu minggu usai viralnya kasus getok harga tersebut.

Senin (24/4), Devi selaku pemilik RM Hadea pun mengungkapkan, pihaknya telah memberikan sanksi tegas kepada karyawan yang mematok harga tak sesuai.

Devi menulis:




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x