Kompas TV nasional humaniora

BMKG terbitkan Peringatan Dini Potensi Gelombang Laut Tinggi di Perairan Talaud dan Sangihe

Kompas.tv - 30 April 2023, 12:48 WIB
bmkg-terbitkan-peringatan-dini-potensi-gelombang-laut-tinggi-di-perairan-talaud-dan-sangihe
Seorang pria mengamati gelombang tinggi di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/2/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

MANADO, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini tentang adanya potensi gelombang laut setinggi 2,5 meter hingga Senin (1/5/2023).

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror di Manado, Minggu (30/4/2023).

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang 1,25-2,5 meter di beberapa wilayah perairan," kata dia, dikutip Antara.

Dalam kesempatan itu, Ricky juga menjelaskan arah dan kecepatan angin yang pada umumnya bertiup dari barat laut – timur laut dengan kecepatan enam hingga 15 knot.

Baca Juga: BMKG Bocorkan Panas di Indonesia Bakal Berakhir, Rasa Gerahnya Itu Gara-gara Ini| SINAU

Perkiraan kecepatan angin tertinggi terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe hingga perairan Kabupaten Kepulauan Talaud bagian selatan.


 

Hal itu, kata dia, dapat meningkatkan tinggi gelombang di wilayah tersebut dan sekitarnya.

"Tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter atau sedang tersebut berpeluang terjadi di sebelah utara perairan Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud serta sebelah utara Laut Maluku bagian utara," ujarnya.

Ia mengingatkan agar masyarakat memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, untuk perahu nelayan, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Baca Juga: Imbauan BMKG Untuk Masyarakat Terkait Cuaca Panas Ekstrem

Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sementara kapal Fery, kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sedangkan untuk kapal kategori besar, diharapkan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x