Kompas TV nasional politik

Survei LSI Denny JA Sebut Prabowo Unggul di Kalangan Pemilih Pria, Ganjar Pranowo di Kalangan Wanita

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 16:23 WIB
survei-lsi-denny-ja-sebut-prabowo-unggul-di-kalangan-pemilih-pria-ganjar-pranowo-di-kalangan-wanita
Kolase foto Ganjar Pranowo (kiri), Prabowo Subianto (tengah), dan Anies Baswedan. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto unggul di kalangan pemilih laki-laki, sementara Ganjar Pranowo tinggi di kalangan pemilih perempuan.

Hal itu merupakan hasil survei yang dilaksanakan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada 3 hingga 14 Mei 2023.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia, dengan margin of errror 2,9 persen.

Dalam rilis survei yang dibacakan oleh Adjie Alfaraby, Jumat (19/5/2023), dijelaskan bahwa mayoritas responden pria memilih Prabowo Subianto.

Baca Juga: Kala Erick Thohir Bicara soal Hubungannya dengan Politisi Ganjar, Anies, hingga Prabowo

“Prabowo unggul di pemilih laki-laki, 40,1 persen, Ganjar 33,2 persen, Anies 20,1 persen,” jelasnya, dikutip dari YouTube LSI Denny JA.

“Di pemilih perempuan, Ganjar 30,6 persen, Anies 21,5 persen, sementara Prabowo di angka 27,6 persen.”

Hal yang sama terjadi di kantong pemilih muda, Prabowo unggul dari Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan.

Namun di pemilih lansia, Ganjar unggul jika dibandingkan Prabowo maupun Anies.

Sedangkan di kantong pemilih ekonomi menengah ke bawah, yang penghasilannya di bawah Rp2 juta per bulan, Prabowo unggul dengan 34,8 persen, disusul Ganjar dengan 33,0 persen.

Di kelas menengah, yakni kelompok penghasilan antara Rp2 juta hingga Rp4 juta per bulan, Prabowo unggul dengan jumlah 33,5 persen dan Ganjar  31,4 persen.

“Sementara di pemilih ekonomi mapan (penghasilan di atas Rp4 juta per bulan), Prabowo dan Anies bersaing, masing-masing 31,7 persen.”

Baca Juga: Nasaruddin Umar soal Jadi Bakal Cawapres Ganjar: Saya Lebih Enjoy Jadi Pelayan Umat

Prabowo juga unggul di kelompok pendidikan rendah atau tidak tamat SD, yakni 38,8 persen. Di kelompok responden yang tidak tamat SMP, Ganjar unggul dengan 37,0 persen, sementara Prabowo 32,8 persen.

“Di (tingkat pendidikan) tamat SMA ke bawah, Ganjar 35,1 persen, dan Prabowo 30,9 persen. (Tingkat pendidikan) D3 ke atas, Anies unggul dengan 33,7 persen, Ganjar 27,2 persen, Prabowo di angka 25, 6 persen,” tambahnya.


 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x