Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal Pertemuan dengan Jokowi, Cak Imin: Lapor Koalisi PKB-Gerindra Jalan Terus

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 20:21 WIB
soal-pertemuan-dengan-jokowi-cak-imin-lapor-koalisi-pkb-gerindra-jalan-terus
Foto Arsip. Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengungkapkan isi pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin kemarin (23/5/2023). (Sumber: dpr.or.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membocorkan isi pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menurut penjelasannya, terdapat banyak hal yang dibahas, termasuk terkait koalisi untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Kemarin itu (bahas) ekonomi, hasil kunjungan ke Jepang, terus ya nyerempet-nyerempet koalisi, lah," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023), dikutip dari Tribunnews.

Dalam pertemuan itu, Cak Imin mengaku melaporkan perkembangan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang terdiri dari PKB dan Gerindra kepada Jokowi.

Ketum PKB ini menyebut bahwa Presiden memberikan respons positif terkait laporan tersebut.

"Ya saya laporkan kita jalan terus, koalisi PKB-Gerindra jalan terus. Saya laporkan ke Presiden juga pertemuan-pertemuan kiai mendukung koalisi," ujarnya.

"Ya positif (respons Jokowi)," imbuh Cak Imin.

Baca Juga: Usai Sowan ke Mantan Wapres Try Sutrisno, Cak Imin Akui Ingin Bertemu Megawati

Kendati demikian, Wakil Ketua DPR RI ini menekankan tidak ada kalimat mendukung dari Jokowi. Menurut penjelasannya, sang Kepala Negara hanya mempersilakan KKIR terus maju.

Sebelumnya, pertemuan antara Cak Imin dan Jokowi kemarin disampaikan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.

Menurut penjelasannya, pertemuan itu merupakan bentuk silaturahmi. Kendati demikian, dia tak menampik bahwa terdapat pembahasan ihwal politik dalam pertemuan tersebut.

"Silaturahmi saja, sambil update perkembangan mutakhir, baik terkait dinamika politik maupun target dan capaian pembangunan," ujar Jazilul, Selasa, dikutip dari Kompas.com.

Dalam pertemuan tersebut, Jazilul mengungkapkan, Jokowi mengapresiasi koalisi yang dibangun oleh PKB dan Gerindra.

Meski mengapresiasi koalisi Gerindra-PKB, dia menekankan bahwa Presiden tetap dalam sikap netral.

Baca Juga: Cak Imin Yakin Golkar Tak Akan Gabung dengan PDIP Usung Ganjar Pranowo


 




Sumber : Kompas TV/Tribunnews/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x