Kompas TV nasional rumah pemilu

Sudah 3 Kader PDIP Ditegur Kehormatan Partai Gegara Bertemu Prabowo Subianto

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 08:30 WIB
sudah-3-kader-pdip-ditegur-kehormatan-partai-gegara-bertemu-prabowo-subianto
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023). (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan telah mengagendakan pemanggilan terhadap Budiman Sudjatmiko pada awal Agustus 2023 mendatang. 

Pemanggilan Budiman ini terkait pertemuannya dengan bakal Capres Partai Gerindra, Prabowo Subianto pada Selasa malam (18/7/2023).

Sebelum Budiman, Gibran Rakabuming Raka dan Effendi Simbolon pernah dipanggil dengan kasus yang kurang lebih sama.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI-P Komarudin Watubun mengingatkan DPP PDIP sudah menetapkan Ganjar Pranowo sebagi bakal capres yang diusung. 

Menurutnya jika ada kader PDIP yang mendatangi bakal capres lain, sama saja memberi perlawanan terhadap keputusan partai.

Baca Juga: Budiman Bertemu Prabowo, PDIP: Itu Namanya Melakukan Perlawanan

Hal ini jugalah yang membuat Kehormatan PDIP akan memanggil Budiman untuk dimintai klarifikasi terkait pertemuannya dengan Prabowo meski bersifat pribadi. 

Komarudin menegaskan sejatinya setiap kader harus mematuhi keputusan yang dibuat partai. Apalagi kader tersebut sudah lama berjuang bersama PDIP.

Ia juga heran kader sekelas Budiman tidak mengerti aturan dan keputusan partai terkait politik di Pilpres 2024. Untuk itu pihaknya mengagendakan pemanggilan Budiman pada awal Agustus mendatang. 

"Jadi, ketika dia beranggotakan partai dan bicara masalah politik, kebijakan politik, terutama soal presiden, itu kan bicara soal urusan partai," ujar Komarudin saat dihubungi, Rabu (19/7/2023).

"Ketika kader mendatangi calon lain itu namanya melakukan perlawanan terhadap keputusan partai dan itu harus diminta pertanggungjawabannya," imbuhnya.

Baca Juga: Prabowo Subianto: Jika Ada Kesempatan, Saya Siap Ketemu Megawati!

Sebelum Budiman, Gibran Rakabuming Raka menjadi orang pertama yang dipanggil Bidang Kehormatan PDIP untuk dimintai klarifikasi terkait pertemuannya dengan Prabowo Subianto.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x