Kompas TV nasional humaniora

Daftar Baju Adat yang Dikenakan Presiden Jokowi Setiap Tahun saat Upacara HUT RI

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 15:00 WIB
daftar-baju-adat-yang-dikenakan-presiden-jokowi-setiap-tahun-saat-upacara-hut-ri
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi saat menyaksikan penampilan Putri Ariani di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap menjadi Inspektur upacara dalam peringatan HUT RI, Presiden Jokowi selalu memakai baju adat. Jokowi mengenakan baju adat yang berbeda-beda tiap tahunnya sejak 2017.

Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat ageman songkok sikepan ageng saat menghadiri Upacara HUT ke-78 RI, Kamis (17/8/2023). Pakaian adat yang digunakan Presiden Jokowi berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Berikut daftar baju adat yang pernah dipakai Presiden Joko Widodo ketika menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Baju Adat Khas Tanah Bumbu

Pada 2017, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat khas Tanah Bumbu, Batulicin, Provinsi Kalimantan Utara. Baju yang dikenakan terdiri dari jas berwarna hitam, ditambah kain songket, dan penutup kepala.

Baca Juga: Momen Jokowi Salami Istri Gusdur hingga Megawati saat Tinggalkan Mimbar Kehormatan

Baju Adat Khas Aceh 

Pada upacara HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Aceh. Baju adat tersebut terdiri dari dari penutup kepala yang disebut kupiah meukeutop, terbuat dari kain tetron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam. 

Untuk atasannya yang bernama bajee, Jokowi memilih warna hitam berlengan panjang, dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab di ujung lengan.

Baju Adat Khas Klungkung Bali

Pada 2019, Jokowi memakai baju adat khas Klungkung dari Bali. Baju yang dikenakan berwarna hitam dengan motif cokelat, dipadu dengan kain sebagai bawahan dan tutup kepala. 

Biasanya, pakaian tersebut dikenakan oleh keluarga raja di Bali untuk menghadiri acara kenegaraan.

Baju Adat Khas Timor Tengah Selatan

Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2020, Jokowi saat itu memakai baju adat khas Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi memakai kain motif berantai nunkolo, yang dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber air. 

Bagian pinggir pakaian itu bergerigi melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok. Sedangkan warna merah melambangkan keberanian laki-laki nunkolo. 

Ester (ikat kepala) yang dikenakan Jokowi berbentuk dua tanduk kecil memiliki arti raja yang melindungi. Ikat kepala sebagai penutup kepala menjadi tanda kebesaran raja sebagai mahkota.

Baca Juga: Kaesang dan Sri Mulyani Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi, Raih Busana Adat Terbaik di HUT ke-78 RI

Baju Adat Khas Lampung

Presiden Jokowi hadir mengenakan pakaian adat papadun yang berasal dari Lampung pada Upacara HUT ke-76 RI. Ciri khas dari pakaian adat ini terlihat dari jenis kain dan topi yang dikenakannya. 

Baju adat ini merupakan busana khas yang kerap digunakan para pemuka adat Lampung pepadun. Sedangkan jenis kain yang dipakai oleh Presiden saat itu bukanlah songket maupun tapis, melainkan bernama bida.

Baju Adat Kesultanan Buton

Joko Widodo memakai baju adat dari Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara yang disebut dengan dolomani tahun lalu. Dolomani merupakan salah satu pakaian adat kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi kesultanan. 

Satu set baju dolomani ini terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah. Saat dikenakan, turut dilengkap dengan kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat). 

Motif baju dolomani yang bergambar bungo rongo melambangkan perjalanan seorang pemimpin. Pemimpin tersebut bermula dari bawah, lalu naik ke atas menjadi seorang pemimpin dan kemudian turun kembali menjadi rakyat biasa.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x