Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Wacanakan Usung Ganjar-Anies, PKS: Keputusan Kami, Anies Jadi Bakal Capres Bukan Cawapres

Kompas.tv - 22 Agustus 2023, 13:29 WIB
pdip-wacanakan-usung-ganjar-anies-pks-keputusan-kami-anies-jadi-bakal-capres-bukan-cawapres
Pertemuan tak terduga terjadi antara calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, dan capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/7/2023) malam. (Sumber: Tribunnews.com/Ibriza Fasti Ifhami)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak setuju dengan wacana PDIP yang ingin menduetkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri dari partainya, Partai NasDem, dan Partai Demokrat, masih konsisten mendukung mantan gubernur DKI Jakarta itu sebagai bakal capres di pesta demokrasi nanti. 

"Ya kalau sekarang kan wacana siapa saja boleh wacanakan ya, tapi PKS kan sudah komitmen untuk jadikan Pak Anies bukan cawapres, tapi jadi capres dengan Demokrat dan dengan NasDem. Kita konsisten di sana," kata Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga: PDIP Buka Wacana Usung Ganjar-Anies di Pilpres 2024, Begini Respons Nasdem

Dia menyatakan PKS tak akan tergoda untuk menjadikan Anies sebagai bakal cawapres. 

"PKS tidak tergoda untuk menjadikan Pak Anies hanya sebagai cawapres, kita menginginkan beliau sebagai capres untuk menghadirkan perubahan untuk bisa lebih baik," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, tidak pernah terbesit di internal PKS untuk menjadikan Anies sebagai bakal cawapres. 

"Aneh saja kalau PKS mewacanakan itu. Keputusan Majelis Syura adalah mendukung Pak Anies menjadi calon presiden bukan calon wakil presiden," katanya.

Sebelumnya, PDIP tidak merasa jemawa dengan keunggulan Ganjar atas Anies dalam survei Litbang Kompas terbaru pada simulasi dua bakal capres atau head to head.

"Walaupun unggul dengan Mas Anies, kami tidak merasa jemawa. Apalagi jika Ganjar harus head to head dengan Pak Prabowo masih kalah tipis. Tentu ini akan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki strategi pemenangan buat Ganjar Pranowo," kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah kepada wartawan, Senin (21/8/2023).

Said menekankan Anies bukan merupakan kompetitor yang patut diremehkan. Baik Ganjar dan Anies, dituturkan Said, merupakan dua sosok cerdas. Apalagi diketahui keduanya satu almamater di Universitas Gajah Mada.

Said justru mengandaikan Ganjar dan Anies bisa menjadi satu kekuatan.

"Apalagi jika keduanya bisa bergabung menjadi satu kekuatan, tentu akan makin bagus buat masa depan kepemimpinan nasional kita ke depan, sama-sama masih muda, cerdas, dan energik," kata Said.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x