Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Ketemu SBY, PKS Nilai Isyarat Presiden Dukung Prabowo di Pilpres 2024 Kian Kuat

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 17:31 WIB
jokowi-ketemu-sby-pks-nilai-isyarat-presiden-dukung-prabowo-di-pilpres-2024-kian-kuat
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/9/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera angkat bicara ihwal pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Istana Bogor pada Senin (2/10/2023). 

Menurut dia, pertemuan tersebut mengindikasikan Presiden Jokowi bakal mendukung bakal capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Sebab, kata dia, kini Demokrat sudah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang telah mendeklarasikan Prabowo sebagai bakal capres. 

Baca Juga: SBY Bertemu Jokowi di Istana Bogor, Demokrat: Membuat Teduh Dinamika Politik

Adapun KIM saat ini beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda, dan Partai Gelora. 

"Dan Demokrat sudah dukung Pak Prabowo. Kalau Demokrat dapat (kursi menteri) juga, saya lagi mikir, jangan-jangan pak Jokowi kian kuat ke Prabowo-nya gitu kan. Kasihan temen sebelah saya," kata Mardani di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (3/10/2023). 

Anggota Komisi II DPR RI itu mengaku tak mempersoalkan Presiden Jokowi bertemu dengan siapa pun. 

"Kalau buat PKS bebas, bebas. Kita tidak ingin ada pertarungan lah, kontestasi karya dan gagasan, yang dukung Pak Prabowo boleh, dan yang nggak perlu didukung Pak Jokowi juga," kata Mardani.

Selain itu, ia berharap Presiden Jokowi menjadi negarawan saja jelang purnatugas sebagai Kepala Negara. 

"Pak Jokowi jangan cawe-cawe titik, gitu ajalah. Pak Jokowi jadi negarawan aja. Sudah sepuluh tahun kok. Sayang kalau sudah sepuluh tahun cawe-cawe. Jadi nanti nggak high level politics, jadi low level politics, titip buat Pak Jokowi," katanya. 

Sebelumnya, dilansir Kompas.com, SBY terlihat melewati bagian depan Istana Bogor pada Senin sekitar pukul 16.52 WIB. 

Presiden ke-6 RI itu kemudian masuk ke dalam kompleks Istana Bogor melalui pintu yang terletak di samping Gereja Zebaoth.

Pertemuan SBY dan Jokowi di dalam Istana Bogor berlangsung sekitar kurang dari satu jam.

Setelah pertemuan selesai, Jokowi tampak mengantarkan SBY keluar dari Istana Bogor hingga masuk ke mobil yang ditumpanginya.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan pertemuan keduanya itu akan membuat sejuk dinamika politik jelang Pilpres 2024. 

Baca Juga: SBY Bertemu Jokowi di Istana Bogor, Apa yang Dibahas?

"Silaturahmi ini kami yakini akan memberi dampak positif, membuat dinamika politik menjadi lebih teduh dan sejuk," ujarnya kepada wartawan, Senin.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x