Kompas TV nasional hukum

Kapolrestabes Semarang Buka Suara soal Dikaitkan Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK terhadap SYL

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 18:22 WIB
kapolrestabes-semarang-buka-suara-soal-dikaitkan-kasus-dugaan-pemerasan-pimpinan-kpk-terhadap-syl
Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar buka suara ihwal dirinya yang dikaitkan dengan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Selasa (10/10/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV) 
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar buka suara ihwal dirinya yang dikaitkan dengan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Ia mengaku telah diperiksa sebagai saksi dalam proses penyelidikan dugaan kasus pemerasan pimpinan KPK tersebut.

"Pemeriksaan terhadap saya sudah dilakukan pada tahap penyelidikan kemarin, dilaksanakan di awal-awal Agustus 2023," kata Irwan di Semarang, Selasa (10/10/2023), dikutip dari tayangan program Kompas Petang di KompasTV.

Dalam kesempatan itu, ia juga turut membantah terkait hal yang berkembang di media, yakni soal dugaan dirinya menjadi perantara penyerahan uang dari Syahrul Limpo ke Ketua KPK Firli Bahuri.

"Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa," tegasnya.

Meski demikian, ia mengaku mengenal Firli ataupun Syahrul. Menurut penjelasannya, Firli adalah atasannya ketika bertugas di Polda NTB pada 2017.

"Kemudian, Pak (mantan) Mentan adalah paman saya, kebetulan bersaudara dengan almarhumah mertua saya," ucapnya.

Lebih lanjut, Kombes Irwan juga menyebut pada 2021 silam pernah diminta untuk menemani SYL yang kala itu Mentan untuk bertemu Firli.

Menurut penjelasannya, isi pertemuan tersebut berupa pembahasan soal MoU atau nota kesepakatan soal pencegahan korupsi di Kementerian Pertanian. 

"Pernah ada di tahun 2021, kira-kira di bulan Februari. Itu kebetulan saya diminta untuk menemani Pak SYL untuk menemui Pak Firli dalam rangka membangun atau membuat MOU, kerja sama pencegahan tindak pidana korupsi, atau pendampingan lah dalam hal pencegahan korupsi," jelasnya.

Baca Juga: Polda Jateng Benarkan Kapolrestabes Semarang Diperiksa Polda Metro soal Kasus Pemerasan Pimpinan KPK



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x