Kompas TV nasional politik

Deklarasi Prabowo Gibran sebagai Capres Cawapres Dihadiri Purnawirawan dan Tokoh Agama

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 09:18 WIB
deklarasi-prabowo-gibran-sebagai-capres-cawapres-dihadiri-purnawirawan-dan-tokoh-agama
Bacapres Prabowo Subianto saat berbicara dalam acara 3 Bacapres Bicara Gagasan di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta, Selasa (19/9/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube UGM.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan deklarasi pasangan bakal capres cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, hari ini  Rabu (25/10/2023) di Indonesia Arena, Jakarta,  tidak hanya melibatkan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM), tapi juga para purnawirawan dan juga tokoh agama.

Pernyataan itu disampaikan oleh Yandri Susanto di Gelora Bung Karno kepada Jurnalis KOMPAS TV Asri Gunawan, Rabu (25/10/2023).

“Hari ini kita ingin menunjukkan kepada rakyat Indonesia bahwa akan lahir pemimpin masa depan yaitu Pak Prabowo dan Mas Gibran. Hari ini alhamdulillah hadir dari semua partai pendukung, termasuk para relawan, para tokoh agama, purnawirawan,” ucap Yandri.

“Intinya semua elemen bangsa kita ajak untuk deklarasi mewakili di Indonesia Arena hari ini.”

Baca Juga: AHY Bantah Partai Demokrat Dapat Kursi Menteri dari Jokowi

Usai deklarasi, kata Yandi, nantinya Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mendaftarkan sebagai bakal capres cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kemudian untuk memeriahkan pendaftaran Prabowo dan Gibran, Yandri menuturkan Koalisi Indonesia Maju juga menyiapkan kirab budaya dari Taman Suropati menuju KPU.

“Dari Taman Suropati nanti akan jalan kaki menuju KPU tetap didampingi oleh para ketua umum dan para sekretaris jenderal sama kader partai-partai yang lain,” jelas Yandri.

Sebagai informasi, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka adalah pasangan ketiga yang mendaftarkan diri sebagai bakal capres-cawapres ke KPU.

Pasangan ini didukung oleh Koalisi Indonesia Maju yang di dalamnya ada Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Pantai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia.

Baca Juga: Jawaban Gibran Usai Dilaporkan KKN Gegara Putusan MK: Biar Ditindaklanjuti KPK, Monggo

Sementara untuk pasangan pertama yang mendaftar ke KPU sebagai pasangan bakal capres cawapres adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pasangan ini didukung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera.


 

Lalu pasangan kedua yang mendaftar ke KPU adalah pasangan bakal capres cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Pasangan ini diperkuat dengan mesin politik dari PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Perindo.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x