Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Akui Belum Ada Investasi Asing di IKN: Kita Lihat Saja Nanti Pasti akan Masuk

Kompas.tv - 17 November 2023, 17:34 WIB
jokowi-akui-belum-ada-investasi-asing-di-ikn-kita-lihat-saja-nanti-pasti-akan-masuk
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi hari Senin, (14/11/2023) sebelum bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan kuliah umum di Georgetown University, dimana Presiden Jokowi memaparkan berbagai pencapaian, termasuk posisi, sikap, dan pendekatan praktik politik luar negeri Indonesia, terutama pada persaingan sengit antara berbagai kekuatan besar dunia (Sumber: Kemlu RI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui belum ada satu pun investasi asing yang masuk menanamkan modalnya ke Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Namun demikian, mantan Wali Kota Solo itu meyakini bahwa investor asing akan segera masuk ke IKN tak lama setelah investor dalam negeri bergerak.

"Sampai saat ini belum ada (investasi asing),” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di San Francisco, Amerika Serikat, sebagaimana dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga: Jokowi: Mungkin IKN Baru Selesai 15 atau 20 Tahun yang akan Datang

“Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk.”

Jokowi menjelaskan sejumlah bidang yang diprioritaskan untuk investasi asing di IKN pada tahap pertama ada. Itu antara lain bidang pendidikan, kesehatan, dan teknologi.

"Pendidikan, kesehatan, juga teknologi," ujar dia.

Adapun pembangunan IKN, kata Jokowi, kemungkinan baru akan rampung sekitar 15 hingga 20 tahun yang akan datang.

"Mungkin selesainya ibu kota (IKN) ini baru 15 atau 20 tahun yang akan datang," jelasnya.

Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan IKN akan berbasis hutan kota. Ia menyebut kawasan IKN nantinya sebanyak 70 persen wilayahnya merupakan area hijau atau hutan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x