Kompas TV nasional politik

Dulu Dukung Perpindahan IKN, Kini PKB Bilang Buat Apa Bikin Istana, Rakyat Masih Banyak yang Miskin

Kompas.tv - 27 November 2023, 20:48 WIB
dulu-dukung-perpindahan-ikn-kini-pkb-bilang-buat-apa-bikin-istana-rakyat-masih-banyak-yang-miskin
Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengkritik rencana pemerintah melakukan perpindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur. 

Ia menyebut, rencana proyek tersebut sungguh memprihatinkan di tengah masyarakat Indonesia yang masih banyak yang miskin. 

Padahal, diketahui dahulu PKB merupakan salah satu fraksi yang mendukung terciptanya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN. 

Baca Juga: Anies Respons Keinginan PKS Ibu Kota Tetap di Jakarta Tidak di IKN

"Kita ini masyarakat Indonesia secara besar ini kan hidupnya masih banyak yang miskin. Masa iya sih kita buat Istana begitu yang besar seperti itu, itu moral ya bukan soal UU. Etis enggak secara moral?" kata Jazilul kepada wartawan, Senin (27/11/2023). 

Menurut dia, meski DPR RI telah resmi mengesahkan RUU tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN menjadi sebuah UU baru, tapi masih ada potensi revisi.

"Kan tentu IKN itu dibahas di UU kan, sikapnya sudah ada di DPR waktu itu, masing-masing partai. Kalau UU kan biasa, bisa direvisi, bisa diperbaiki," ujarnya.

Sebelumnya, PKS mengatakan akan menginisiasi upaya agar ibu kota negara Indonesia tetap berada di DKI Jakarta, jika menang dalam Pemilu 2024. 

Hal itu disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di sela-sela Rakernas PKS di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Minggu (26/11/2023).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x