Kompas TV nasional politik

Istana Tepis Tudingan Sudirman Said yang Mengaku Dimarahi Presiden karena Laporkan Setya Novanto

Kompas.tv - 2 Desember 2023, 21:15 WIB
istana-tepis-tudingan-sudirman-said-yang-mengaku-dimarahi-presiden-karena-laporkan-setya-novanto
Foto arsip. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jumat (1/12/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menepis klaim eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said yang mengaku pernah dimarahi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ari mengatakan, Presiden Jokowi tidak pernah memarahi Sudirman Said karena melaporkan mantan Ketua DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) atas kasus meminta saham PT Freeport.

"Tidak benar Presiden Jokowi memarahi Sudirman Said karena melaporkan Setya Novanto (Ketua DPR saat itu) ke MKD pada tahun 2015," kata Ari Dwipayana di Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

Ari mengatakan bahwa Presiden Jokowi pada tanggal 7 Desember 2015 di Istana justru sangat mengapresiasi proses terbuka yang telah dilakukan MKD dan terus mengikuti dari berbagai media dan stafnya.

"Presiden juga berpesan untuk terus mendidik masyarakat karena persoalan etika itu penting bagi publik," ucap Ari, dilansir dari Antara.

Ari mengatakan fakta-fakta itu bisa dicek dalam pemberitaan media massa kala itu.


Baca Juga: Pengakuan Para Pimpinan dan Penyidik KPK Dengar Cerita Agus Rahardjo Soal Intervensi Jokowi

Sebelumnya, Sudirman Said yang kini merupakan Co-Captain Timnas pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mengaku pernah dimarahi Jokowi karena melaporkan Setya Novanto ke MKD atas kasus "Papa minta saham" atau minta saham ke PT Freeport pada tahun 2015.

Pengakuan Sudirman itu dilontarkan usai sebelumnya mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo juga mengaku pernah diminta Presiden untuk menghentikan kasus dugaan korupsi KTP elektronik atau e-KTP yang melibatkan Setya Novanto.

Baca Juga: Mahfud MD Buka Suara Soal Agus Rahardjo Sebut Presiden Intervensi KPK

 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x