Kompas TV nasional peristiwa

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin 2023

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 15:24 WIB
pengamanan-natal-dan-tahun-baru-polri-gelar-rakor-lintas-sektoral-operasi-lilin-2023
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyant, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Menteri Agama, Wamenpanrekraf dan kementerian terkait memberikan keterangan usai rakor lintas sektoral Operasi Lilin 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jakarta, Kamis (7/12/2023). (Sumber: ANTARA/Laily Rahmawaty)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka upaya pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin 2023 di Jakarta.

Dalam rakor lintas sektoral yang dipimpin Kepala Polri (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kamis (7/12/2023), dihadiri perwakilan dari kementerian/lembaga pemangku kepentingan terkait.

Di antaranya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, 

Hadir pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo, perwakilan dari Basarnas, BMKG, Pertamina, dan Jasa Marga.

Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Sandi Nugroho mengatakan, dalam pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru), Polri menggelar Operasi Lilin 2023 terpusat di seluruh jajaran polda.

Dalam operasi ini, anggota Polri akan dibantu personel TNI dan kementerian/lembaga terkait.

Baca Juga: Dinas Pariwisata DIY Targetkan 800.000 Wisatawan Masuk Yogyakarta saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pengamanan yang menjadi perhatian meliputi tempat ibadah, objek wisata, pusat perbelanjaan, termasuk mendirikan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu, serta antisipasi terjadinya bencana alam.

Mengenai personel pengamanan, Sandi mengungkapkan, jumlah personel sudah disusun.

Namun masih belum ada angka pasti karena menunggu data dari pemangku kepentingan terkait lainnya.

"Karena ini operasi terpadu, berarti BMKG juga terlibat, kemudian BNPB terlibat, dari petugas Pertamina untuk memastikan suplai BBM juga terlibat," terangnya.

Sandi juga mengatakan, melalui rakor lintas sektor bersama pemangku kepentingan terkait ini dibahas juga mengenai apa saja yang akan dikerjakan dan pihak yang bertanggung jawab.

"Makanya disusun balik, makanya ada rakor lintas sektoral untuk memastikan apa yang mau dikerjakan, siapa berbuat apa, bertanggung jawab siapa," ujar Sandi. 

Baca Juga: Catat, Begini Cara Daftar Mudik Gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x