Kompas TV nasional hukum

Korlantas Polri Akan Gelar Operasi Lilin 2023 dan Rekayasa Lalin di Tiga Klaster Saat Nataru

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 06:35 WIB
korlantas-polri-akan-gelar-operasi-lilin-2023-dan-rekayasa-lalin-di-tiga-klaster-saat-nataru
Ilustrasi. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan pihaknya fokus dalam pengaturan lalu lintas di tiga klaster pada periode Natal dan Tahun Baru. Di tiga klaster itu Korlantas Polri juga akan mengadakan Operasi Lilin 2023. (Sumber: ANTARA/Ali Khumaini)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan pihaknya fokus dalam pengaturan lalu lintas di tiga klaster pada periode Natal dan Tahun Baru. 

Di tiga klaster itu Korlantas Polri juga akan mengadakan Operasi Lilin 2023.

“Yang pertama untuk jalur tol mulai Sumatera sampai dengan Probolinggo itu kita antisipasi. Ada beberapa titik yang menjadi perhatian kita, yang pertama ada rest area ini juga kita atur, traffic flownya di sana sehingga tidak menghambat arus lalu lintas yang ada di belakangnya,” kata Aan saat menghadiri Rapat Tingkat Menteri (RTM) Persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Baca Juga: Tahun 2023 Sisa Dua Minggu Lagi, Jokowi Minta Penyerapan Anggaran K/L Capai Target 95 Persen

Titik kedua adalah jalur arteri dan jalur wisata, yang akan diterapkan rekayasa lalu lintas mulai dari penerapan one way hingga contraflow.

“Ini juga sudah kita antisipasi dan lakukan rapat koordinasi untuk melakukan beberapa rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan di jalur wisata," ujarnya dikutip dari laman resmi NTMC Polri. 

"Itu kita akan mengambil langkah-langkah pengalihan arus ataupun one way, contraflow ini sudah kita persiapkan,” ujarnya. 

Klaster ketiga adalah jalur-jalur penyeberangan laut. Aan menyatakan pihaknya telah menyiapkan skema agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

Baca Juga: Harga Cabai Tembus Rp130.000/Kg Jelang Nataru, Jokowi Perintahkan Jajarannya Jaga Harga Pangan

“Ini juga jadi konsen kita baik di (Pelabuhan) Merak, Ketapang, Gilimanuk, maupun penyeberangan yang lain. Kita sudah menyiapkan operasi di sana," tuturnya. 

"Sehingga supply kendaraan ke pelabuhan ini kita atur sehingga tidak terjadi kepadatan di sana, atau terjadi stuck supaya dapat keluar dari dermaga,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Menko PMK Muhadjir Effendy menuturkan, puncak arus mudik Nataru diprediksi terjadi pada 22-23 Desember 2023, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 26-27 Desember 2024.

“Kita ketahui bahwa prediksi puncak arus mudik Natal pada 22-23 tahun 2023 sementara puncak arus balik 26-27,” sebutnya. 

Baca Juga: Biar Enggak Kalap Saat Harbolnas, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Paylater

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan puncak arus mudik libur Tahun Baru 2024 diprediksi terjadi pada 29-30 Desember 2023. Sementara arus balik mudik Tahun Baru 2024 diprediksi 1-2 Januari 2024.


Rapat itu juga dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Kabasarnas Marsekal Madya TNI Kusworo.




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x